Yamaha R15 dan R15M Connected, Tarikan Lebih Panjang dan Fitur Tambah

Tempo menjajal sport bike atau motor sport terbaru Yamaha, yakni Yamaha R15 dan R15 M Connected di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat.

Motor Yamaha R15 dan R15M Connected hadir sebagai generasi terbaru. Kesan pertama pada R15 dan R15M adalah sport bike dengan tampilan yang lebih baru dibandingkan R15 versi sebelumnya.

Secara tampang, R15 terbaru ini lebih mirip dengan desain Yamaha YZF-R7 yang meluncur beberapa waktu lalu. Fascianya semakin impresif berkat penggunaan lampu depan model proyektor yang diapit lampu DRL.

Yamaha YZF-R15 ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 170mm dan tinggi joknya sekitar 815mm.

Untuk saya yang memiliki tinggi 175 cm, menaiki Yamaha R15 cukup nyaman dan posisi kaki saya dapat menapak dengan sempurna. Kemudian penggunaan setang underyoke juga membuat R15 ini punya aura racing dan masih cukup nyaman untuk digunakan harian.

Saat memulai memacu R15 di lintasan, hal yang pertama dirasakan adalah tarikan dari setiap giginya terasa lebih panjang. Bahkan di trek lurusan, saya mendapatkan kecepatan tertinggi mencapai sekitar 140 km/jam. Sedangkan untuk Yamaha R15M, saya mendapatkan top speed 138 km/jam.

Kecepatan tersebut terpengaruh bobot pengendara serta desain ergonomi motor ini. Mungkin jika kondisi lintasan dan angin yang lebih baik, kecepatan motor Yamaha itu tersebut juga bisa lebih tinggi.

Manuver motor baru Yamaha ini juga sangat baik. Cornering di lintasan sirkuit sangat aman dilakukan karena memang motor ini memiliki distribusi bobot yang merata, jadi tidak takut ban kehilangan traksi.

Kemudian saat keluar-masuk tikungan juga sangat aman, terlebih proses pengereman yang dilakukan sangat halus karena motor ini sudah dilengkapi dual channel ABS, ditambah suspensinya yang sudah upside-down (USD).

Motor Yamaha R15 dan R15M Connected sangat cocok bagi para pecinta sport bike di Indonesia, khususnya bagi pemula. Desain lebih sporty dan agresif, mesin R15 terbaru yang bertenaga, dan banyak fitur baru yang disematkan seperti Traction Control System (TCS) dan Quick Shifter.

DICKY KURNIAWAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.