Tips dalam Memilih Jenis Asuransi yang Ada Saat Ini

Menjaga kesehatan merupakan sebuah prioritas, terlebih di masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini. Bahkan bisa dikatakan bahwasanya mempunyai investasi sama penting dengan Anda mempunyai tempat tinggal. Supaya nantinya Anda memperoleh produk Asuransi dengan manfaat paling lengkap, maka perlu mengetahui tips dalam memilih jenis asuransi yang ada saat ini.

Apa Saja Tips dalam Memilih Asuransi yang Tepat?

 

Lakukan Riset Mengenai Produk Asuransi Tersebut

Setidaknya terdapat 10 produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Beberapa di antara produk Asuransi tersebut terdapat asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi rumah dan lain sebagainya. Asuransi itu menawarkan beragam manfaat pertanggungan yang berbeda-beda.

Seperti contohnya produk asuransi berjangka yang dapat memberikan manfaat perlindungan untuk jangka waktu tertentu, seperti dalam jangka waktu 5 tahun atau 10 tahun. Sementara itu terdapat asuransi jiwa yang memberikan manfaat sebagai asuransi berjangka dan juga tabungan.

Pilih Produk Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum di sini Anda memilih produk asuransi, maka Anda perlu melakukan identifikasi asuransi apa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda. Jika asuransi yang dibutuhkan merupakan asuransi yang di sini memberikan perlindungan sekaligus wadah investasi, maka baiknya Anda memilih produk asuransi jiwa unit link jika dibandingkan asuransi jiwa dwiguna.

Hal itu dikarenakan manfaat pertanggungan yang diberikan oleh Asuransi Jiwa dwiguna tidak akan memberikan manfaat investasi, begitu juga sebaliknya. Jadi tentukan lebih dahulu asuransi seperti apakah yang Anda perlukan baru kemudian sesuaikan dengan kemampuan keuangan di dalam membayar premi asuransi tersebut.

Aktif Bertanya Pada Agen yang Berlisensi

Ketika Anda di sini merasa khawatir dan ragu pada manfaat pertanggungan yang akan diperoleh dari produk Asuransi itu, maka sebaiknya Anda langsung bertanya pada insurance consultan atau agen yang telah disiapkan dan telah berlisensi supaya seluruh pertanyaan yang ada bisa terjawab dengan memuaskan.

Kasus yang banyak terjadi di lingkungan masyarakat yaitu mereka merasa sungkan dan malu untuk mengutarakan pertanyaan yang muncul di dalam otak, sehingga mereka masih dipenuhi dan dibayangi pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab.

Pahami dengan Betul Asuransi yang Dipilih

Sebelum di sini Anda benar-benar menandatangani surat permintaan untuk asuransi jiwa atau surat permintaan asuransi kesehatan, maka ada baiknya bagi Anda untuk bertanya pada diri sendiri apakah di sini Anda telah benar dalam memahami mengenai produk asuransi yang Anda pilih tersebut.

Anda perlu mengetahui dengan pasti seberapa jauh manfaat pertanggungan yang nantinya akan diperoleh, seperti apa proses pencairan pertanggungan, manfaat pertanggungan yang akan diperoleh nantinya hingga bagaimana cara membayar premi tiap bulan.

Pastikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas Anda pahami dengan baik sebelum akhirnya di sini Anda menandatangani kontrak. Selain melakukan riset pada produk Asuransi penting bagi Anda untuk melakukan riset serta mengetahui rekam jejak dari perusahaan asuransi itu sendiri. Yang tak kalah penting di sini yaitu seberapa besar tingkat resiko dari perusahaan asuransi yang Anda pilih.

Risk based capital adalah sebuah teknik perhitungan yang dilakukan untuk menentukan apakah perusahaan asuransi itu berada dalam tingkat sehat secara finansial untuk membayar semua tanggungan.

Otoritas Jasa Keuangan mewajibkan Semua perusahaan asuransi untuk memberitahu pada nasabah seberapa jauh tingkat RBC perusahaan asuransi itu. Maka dari itulah, ketahui perusahaan asuransi yang akan Anda percayakan untuk memberikan proteksi pada keluarga dan diri Anda terlebih dahulu sebelum akhirnya memilih asuransi tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.