admin May 16, 2018

Anda pasti mengenal istilah saham bukan? saham merupakan sebuah surat yang berharga atau bernilai tinggi. surat tersebut menunjukan kepemilikan atas suatu perusahaan atau barang mewah lainya. dalam dunia ekonomi, saham juga diperjualbelikan secara legal dan resmi. jika anda membeli sebuah saham, maka anda membeli sebagian dari kepemilikan atas barang atau benda yang anda beli tersebut. biasanya saham mencakup kepemilikan perusahaan atau hotel, apartemen, dan bangunan mewah lainya yang mempunyai nilai investasi yang tinggi. jika anda sudah membeli saham tersebut, maka anda juga berhak mendapatkan keuntungan dari perusahaan atau saham yang anda beli tersebut, yang biasanya dalam bentuk deviden. deviden sendiri adalah pembagian laba atau keuntungan kepada pemegang saham atau pembeli saham berdasarkan jumlah saham yang dibeli atau dimilikinya. keuntungan dari saham ini adalah anda dapat mendapatkan keuntungan dan dapat mengambil keuntungan jika terjadi harga saham yang naik dari waktu ke waktu. namun, pemegang saham juga mempunyai kewajiban untuk menanggung risiko kerugian yang terjadi pada perusahaan.

Anda pasti tahu bahwa saham mempunyai dua jenis. saham yang pertama adalah saham biasa atau common stock yang merupakan suatu sertifikat yang mempunyai fungsi atau kegunaan sebagai bukti atas kepemilikan suatu perusahaan atau bangunan lainya dengan berbagai unsur penting bagi perusahaan tersebut. saham biasa ini meliputi surat atau keterangan kepemilikan atas penghasilan dan aktiva yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. jika anda sudah mempunyai saham atas perusahaan tersebut, maka anda memiliki hak untuk mengelola perusahaan tersebut sesuai dengan kesepakatan serta berdasarkan saham yang anda beli tersebut. jika saham tersebut kecil maka anda tidak berhak atas semua perusahaan tersebut, namun jika saham tersebut besar maka kemungkinan anda dapat mengelola perusahaan serta mengontrol operasional perusahaan tersebut. hal ini ditentukan oleh banyaknya hak suara yang anda miliki, semakin banyak presentasi saham yang anda miliki maka semakin besar pula hak suara yang akan anda miliki. biasanya pemegang saham ini memiliki kewajiban yang terbatas, sehingga jika perusahaan itu bangkrut atau mengalami kerugian, maka kerugian ditanggung oleh anda selaku pemegang saham dengan jumlah sebesar investasi saham tersebut. pada saham biasa ini mempunyai ciri utama yaitu hal suara pemegang saham dapat untuk memilih dewan komisaris, bila organisasi penerbitkan saham baru maka hak didahulukan, serta tanggung jawab terbatas.

Selain, itu, terdapat juga saham  preferen atau preferend stock. saham jenis ini merupakan saham yang bagi pemiliknya mempunyai hak lebih dari pemilik atau pemegang saham biasa. bagi pemegang saham preferen ini akan mendapatkan deviden terlebih dahulu serta memiliki hak suara yang lebih banyak dibandingkan dengan pemegang saham biasa. saham preferen ini mempunyai ciri utama yaitu mempunyai berbagai tingkatan dengan ciri atau karakter yang berbeda, mempunyai prioritas lebih tinggi mengenai tagihan aktiva dan pendapatan dari pada saham biasa dalam masalah pembagian deviden, deviden dapat dilakukan secara kumulatif atau total, serta dapat ditukar menjadi saham biasa apabila kesepakatan antara pemegang saham dan organisasi sudah terbentuk.

Dari penjelasan diatas, dapat diartikan bahwa saham adalah salah satu dari produk keuangan. dalam dunia ekonomi, anda pasti mengenal istilah pasar modal dan pasar uang bukan? maka saham termasuk dalam pasar modal yang berbentuk sebuah bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan atau bangunan mewah lainya dengan ditandai dengan sertifikat dari saham tersebut. seperti dalam dunia ekonomi, untuk melakukan transaksi saham ini terdapat beberapa aturan yang harus anda ketahui dan ikuti. dari aturan tersebut diharapkan anda tidak akan mengalami kerugian dari saham yang anda beli tersebut, serta anda juga dapat memperoleh deviden dengan cepat dan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Cara bermain saham yang aman ini dapat dilakukan dengan tips berikut ini :

  1. sebelum anda membeli saham, anda harus melihat terlebih dahulu orang yang mengelolanya, orang yang berhubungan dengan perusahaan tersebut sehingga anda dapat mengetahui karakteristik masing-masing.
  2. setelah anda mengetahui karakteristik dari masing-masing pihak yang terkait tersebut, barulah anda dapat masuk ke dalam analisa untuk saham yang anda gunakan.
  3. cek dan teliti terlebih dahulu data-data keuangan perusahaan tersebut, jika ada data yang belim disahkan maka jangan terlalu percaya dengan data keuangan tersebut.
  4. selalu bersikap konservatif atau berhati-hati dan teliti dalam melihat, menilai, dan memutuskan sesuatu dengan disertai bukti yang kuat.
  5. lebih baik anda mengecek dan mengoleksi saham yang turun harga terlebih dahulu, sehingga harganya segera terkoreksi dan menjadi naik kembali walaupun dalam waktu yang cukup lama.
  6. anda dapat melihat dan mempelajari cara untuk bermain saham ini melalui bisnis online tanpa modal, karena saham seperti ini tidak terlalu banyak sehingga mudah untuk dilihat dan dikontrol serta mudah untuk dimainkan harganya. sehingga anda dapat memperoleh pengalaman dari cara ini.
  7. jangan lupa untuk menetapkan batas atas dan batas bawah dengan disiplin, salah satunya 30% untuk diatas dan 10% untuk di bawah.
  8. jangan sampai mengikuti emosi dan nafsu jika anda tidak berani mengambil risiko yang besar.
  9. anda harus tekun dan serius dalam melakukan saham ini, karena dengan anda serius dan bersungguh-sungguh tentu saja anda akan mendapatkan saham yang sesuai keinginan anda.
  10. lakukan analisis dan review secara berkala atau rutin dengan fokus pada 3 saham paling maksimal 4 saham.
  11. anda harus mempelajari fundamental ekonomi dan emiten, serta selalu mengikuti berita nasional dan mengamati korelasi.
  12. mengetahui karakteristik bursa, kapan biasanya kecenderungan harga saham tersebut naik dan turun.
  13. lakukan pekerjaan tersebut dengan enjoy dan tulus, sehingga anda dapat menikmati pekerjaan tersebut tanpa ada masalah.
  14. selalu bersikap rendah hati, sederhana, dan tidak banyak bicara. karena orang sukses termasuk investor yang besar mempunyai kepribadaian tersebut.

Itulah tips untuk cara bermain saham yang baik dan aman. tingkat risiko memang sebanding dengan return atau penyebabnya. sama dengan bermain saham, jika anda ingin dapat bermain saham dengan baik dan sukses maka bukan dengan cara instan, karena semua investor besar pasti memulainya dengan menjadi investor awam. karena dengan pengalaman dan pengetahuan dalam dunia pasar saham ini maka lambat laun anda akan terbiasa untuk bermain saham tersebut, hingga anda dapat menjadi seorang investor besar yang sukses. dengan pengalaman tersebut, anda juga akan mendapatkan keuntungan dari investasi yang anda keluarkan tersebut. jadi, jika anda ingin menjadi investor sukses dan besar maka awali dengan tips bermain saham diatas. dengan adanya tips tersebut menjadi cermin dan patokan untuk anda dalam memulai bermain saham, jadi untuk anda yang masih pemula selamat mencoba.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*