admin February 23, 2018

Resep donat yang simpel ini dapat digunakan bagi Anda yang ingin menjual donat dengan biaya produksi yang sedikit. Donat merupakan kue yang juga sekaligus dijadikan camilan bagi sebagian besar orang. Bahkan donat dibuat dengan tampilan rasa toping yang beragam.  Tidak sedikit pula yang menjadikan donat sebagai incaran untuk oleh-oleh di beberapa kota.

Apa lagi di kalangan anak-anak, donat merupakan kue yang sangat digemari. Bagaimanakah membuat donat yang tanpa telur namun tetap menghasilkan rasa yang gurih? Saatnya Anda mengetahui resep simpel ini agar Anda bisa menjual donat dengan harga yang tidak terlalu mahal. Berikut bahan-bahan serta langkah-langkah pembuatannya. Ikuti dengan cermat ya!

Bahan-bahan untuk adonan donat:

  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 180 gram Susu cair yang hangat
  • 25 gram Blueband
  • 25 gram Gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • ½ sendok teh Garam halus
  • ½ sendok teh Bread improver (tidak dipakai juga tidak masalah)

Bahan untuk toping

  • Mesis cokelat sebanyak 1 gram boleh lebih (Anda bisa menggunakan warna mesis sesuai selera)
  • Blueband sebanyak 15 gram

Langkah-langkah pembuatan donat tanpa telur:

  1. Masukkan 250 gram tepung terigu, 180 ml susu cair, 1 sendok teh ragi instan, 25 gram gula pasir, dan ½ sendok teh bread improver ke dalam satu wadah.
  2. Aduk dan uleni semua bahan tersebut sehingga menjadi kalis.
  3. Jika Adonan masih terasa lengket, Anda bisa menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sehingga adonat tidak terasa lengket lagi.
  4. Kemudian masukkan ½ sendok teh garam dan 25 gram Blueband. Lalu uleni sampai adonan benar-benar menjadi kalis yang elastis.
  5. Setelah selesai dikalis, diamkan adonan dengan ditutup menggunakan kain selama kurang lebih 30 menit sehingga adonan mengembang menjadi dua kali lipat.
  6. Langkah selanjutnya setelah adonan mengembang, uleni kembali adonan selama 10 menit sampai menjadi kalis elastis lagi.
  7. Lalu bentuk adonan tersebut menggunakan tangan atau cetakan donat sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.
  8. Sebelum digoreng, donat kembali didiamkan kurang lebih 20 menit sambil ditutup dengan menggunakan kain.
  9. Sambil menunggu waktunya, silakan Anda memanaskan minyak di atas wajan. Lalu goreng donat dengan menggunakan api yang kecil sampai matang. Donat yang sedang digoreng cukup dibalik satu kali saja agar hasil penggorengannya sempurna.
  10. Setelah donat masak, segera angkat dan jangan lupa untuk ditiriskan dahulu.
  11. Langkah terakhir oleskan Blueband di atas donat, lalu taburi mesis setelahnya, dan donat siap disajikan.

Hasil donat dengan menggunakan resep donat yang simpel ini tidak akan membuat Anda kecewa. Rasanya akan tetap gurih meski tidak menggunakan telur. Untuk toping, Anda bisa membuat variasi sesuai keinginan Anda. Selain mesis Anda bisa menggunakan gula halus, atau keju, cokelat, dan berbagai macam jenis toping lainnya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*