Prediksi Puncak Arus Penumpang Bandara Yogyakarta di Libur Natal dan Tahun Baru

Momentum libur Natal dan tahun baru tinggal menghitung hari. Yogyakarta akan menjadi salah satu destinasi wisata utama dalam menghabiskan libur panjang.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, perkiraan lalu lintas penumpang selama libur Natal dan tahun baru kali ini sebanyak 123.642 penumpang dengan 1.366 pergerakan pesawat dan 461.067 kilogram kargo. “Ada pertumbuhan lima persen dibandingkan tahun lalu, yaitu 1.301 pergerakan pesawat, 117.754 penumpang, 439.111 kilogram kargo,” kata Pandu pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Pandu mengatakan puncak trafik libur Natal dan tahun baru diperkirakan terjadi pada H-7 Natal 2021, yaitu 18 Desember 2021, H-1 Natal 2021 pada 24 Desember 2021, dan H+2 tahun baru pada 3 Januari 2022. “Untuk memastikan kenyamanan pengguna jasa Bandara YIA, kami telah memastikan kesiapan fasilitas bagi penumpang di setiap terminal maupun akses transportasi pendukungnya,” kata dia.

Kesiapan fasilitas itu antara lain, kereta bandara, Damri, SatelQu, hingga taksi. Semua moda transportasi ini terintegrasi untuk memaksimalkan pelayanan kepada pengguna jasa. Jadwal pelayanan moda transportasi pendukung pun menyesuaikan kebutuhan penerbangan, baik keberangkatan dan kedatangan penumpang.

Selain dari segi moda transportasi pendukung, Pandu memastikan operasional layanan kesehatan, seperti tes Covid-19 RT-PCR dan RT-Antigen berada di area mezzanine gedung penghubung sisi barat. “Layanan tes itu beroperasi mulai pukul 06.00 sampai 15.00 WIB untuk RT-PCR dan pukul 06.00-16.00 WIB untuk RT-Antigen,” kata dia.

Pengelola Bandara Yogyakarta juga menambahkan meja layanan screening dokumen kesehatan atau aplikasi PeduliLindungi. PT Angkasa Pura I juga telah menggelar Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Drop Zone A Terminal Keberangkatan Bandara YIA.

Posko terpadu ini melibatkan 50 personel PT Angkasa Pura I yang terbagi dalam dua shift, yaitu pukul 07.00-12.00 WIB dan pukul 12.00-19.00 WIB. Adapun lokasi posko terletak di Drop Zone A Terminal Keberangkatan, yaitu pada ruang Security Command and Control Room, serta pada Solution Room. “Posko terpadu beroperasi mulai 17 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022 untuk memastikan semua kenyamanan dan keselamatan calon pengguna jasa bandara,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan DI Yogyakarta, Pembajoen Setyaningastuti menuturkan, pemerintah terus bersiaga terlebih dengan temuan Covid-19 varian Omicron di Jakarta. “Persiapan kesehatan, salah satunya pasokan oksigen ke setiap rumah sakit dan menyediakan oksigen konsentrator,” kata dia.

Ketersediaan tempat tidur atau bed occupancey rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 di Yogyakarta, menurut dia, sejauh ini masih aman. “Tingkat BOR seluruh rumah sakit di Yogyakarta saat ini hanya dua persen,” katanya. “Penting juga menyiapkan shelter untuk bersiaga ketika ada yang perlu isolasi.”

#pakaimasker #jagajarak #cucitanganpakaisabun #hindarikerumunan #vaksinasicovid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.