admin October 16, 2019

— Membersihkan tangan yang paling tepat adalah menggunakan air mengalir dan sabun, dibandingkan menggunakan gel pembersih tangan. Dr. Kanya Fidzuno Sp.A menjelaskan kalau menggunakan air yang mengalir maka kuman yang ada pada tangan bisa ikut terbawa pada air yang mengalir. “Yang rekomendasikan pakai sabun dan bilas air mengalir itu paling mudah dan efektif. Hand sanitizer pada kondisi tertentu saja,” papar dr. Kanya Fidzani di Acara Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Menggunakan hand sanitizer disarankan pada kebutuhan yang mendesak saja, jika memang sulit menemukan air dan tangan sudah terasa kotor. “Misalnya saat di rumah sakit itu kan pusat kuman ya, nah biasanya disediakan hand sanitizer itu pakai tapi selama masih ada air ya cuci tangan saja,” ungkap dr. Kanya. Kemudian untuk jenis sabun yang digunakan untuk mencuci tangan tidak masalah jika tidak menggunakan khusus tangan yang terpenting tangan tetap dalam kondisi bersih.

“Intinya sabun apa saja kalau ada formula khusus menimalisir kuman jahat ya,” ucap dr. Kanya. Mencuci tangan merupakan modal mudah untuk menjaga kesehatan tubuh karena tangan paling mudah membawa virus ke dalam tubuh. Contohnya saja sesudah menutup bersin dengan tangan kemudian tidak cuci tangan dan tangan digunakan untuk makan, virus akan mudah masuk dalam tubuh yang bisa sebabkan diare dan sebagainya.

“Makanya sangat ditekankan cuci tangan wajib sebelum makan karena harus masukan suatu benda karena kalau tidak dapat menyebabkan diare,” papar dr. Kanya. Sekedar mengingatkan untuk membersihkan tangan yang optimal ada enam langkah cuci tangan. Apa saja itu? Awali dengan basahi tangan

Kemudian gosok telapak tangan dengan sabun. *Gosok sabun ke telapak punggunng, gosok sabun di sela sela jari Lalu gosok punggung jari dengan gerakan saling mengunci.

*Bersingkan jempol kanan dan kiri dengan jempol digosok memutar. Terakhir bersihkan bagian ujung jari dengan gerakan menguncup.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*