Komponen Elevator Pitch Adalah

Elevator pitch adalah penjelasan singkat tentang diri Anda dan bisnis Anda selama 30 sampai 60 detik. Pada umumnya, penjelasan singkat ini akan digunakan saat anda melakukan komunikasi kepada calon investor. Tidak hanya calon investor saja, karena anda bisa berkomunikasi dengan calon mitra kerja atau calon konsumen.

Apa saja komponen elevator pitch?

Elevator pitch sering sekali digunakan dan bisa membuka kesempatan yang luas untuk keberhasilan perusahaan yang dibangun. Perusahaan yang Anda bangun akan semakin berkembang dengan kemampuan elevator pitch yang anda miliki. Anda bisa saja menyampaikan beberapa hal yang memang harus anda sampaikan agar lebih memikat dan bisa mengikat siapa saja yang mendengarnya.

Elevator pitch terdiri dari beberapa komponen yang harus ada di dalam elevator pitch yang anda miliki. Tiga komponen tersebut adalah tiga komponen yang harus anda pikirkan matang-matang sebelum anda menyampaikannya kepada khalayak luas.

Permasalahan yang Ingin Diselesaikan

Permasalahan adalah salah satu kriteria dari perusahaan yang baru saja dirintis. Sebab, bisnis yang baik, bisa menjelaskan secara rinci permasalahan yang ingin dituntaskan di dalam perusahaannya. Ada baiknya anda harus memilih permasalahan yang paling terbesar di dalam perusahaan rintisan tersebut

Pastinya, mendefinisikan permasalahan paling besar bisa dilihat dengan mudah, yakni dari jumlah orang yang terlibat dari masalah tersebut. Anda bisa menyebutkan beberapa angka ketika menjelaskan bagian yang satu ini. Penyebutan angka tentu akan menambah kesan permasalahan yang memang layak untuk dipecahkan.

Dengan menemukan masalah yang ingin diselesaikan, maka para investor yang berpihak kepada anda juga tidak akan ragu. Investor akan lebih mudah untuk menanamkan uangnya. Sebab, permasalahan yang anda kemukakan adalah permasalahan yang meyakinkan para investor tersebut.

Solusi yang Ditawarkan

Investor tidak akan serta merta berpihak kepada kita selaku pemilik perusahaan rintisan. Untuk itu, kita harus mengeluarkan kekuatan elevator pitch. Kekuatan elevator pitch adalah solusi yang bisa ditawarkan oleh kita untuk menanggulangi masalah yang ingin diselesaikan tersebut.

Langkah selanjutnya ini bisa anda sampaikan dengan baik tentang jalan keluar masalah tersebut. Jalan keluar tentang masalah ini bisa dengan mudah anda kemukakan untuk permasalahan tadi. Solusi yang ditawarkan adalah bagian tersulit, karena anda harus tetap menjelaskannya dengan kalimat yang padat agar tidak memakan waktu. Usahakan Anda bisa menggunakan sekitar waktu 25 sampai 30 detik untuk mengutarakan solusi yang anda sampaikan.

Menyampaikan solusi memang tidak semudah kelihatannya, Anda harus menata jawaban yang baik dan benar agar tidak mengecewakan investor. Pastikan juga anda melihat investor, dari kilat mata tentang ketertarikan terhadap penjelasan yang anda jelaskan.

Ukuran Pasar yang Ditargetkan

Ukuran pasar yang ditargetkan adalah bagian paling penting dalam elevator pitch yang anda jalani. Para calon investor tentu akan langsung terbayang dengan pertumbuhan startup yang anda miliki. Tentu ukuran pasar dibagi menjadi tiga bagian, sebab dimulai dari yang paling terbesar.

Ukuran pasar mulai dari yang terbesar adalah total addressable market, yang mana tentu akan mengerucut menjadi server addressabel market. Saringan tersebut biasa disebut sebagai target market, pada elevator pitch Anda bisa menyebutkan total addressable market.

Dengan menyebutkan total addressable market, maka anda secara tidak langsung akan membuat calon investor mendapat gambaran. Gambaran tersebut berupa banyaknya orang yang mempunyai potensi menggunakan produk atau layanan yang anda miliki.

Elevator pitch adalah salah satu batu loncatan yang biasa dilakukan oleh para pemilik perusahaan startup. Batu loncatan Ini sangat berguna untuk mengembangkan bisnis menjadi jauh lebih luas, sehingga pemilik perusahaan startup lebih mudah mendapat investor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.