admin December 30, 2019

Jiwa yang ada dalam diri seseorang pastinya perlu untuk dilindungi karena . Anda sendiri pun tidak tahu menahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Oleh karena itu, tidak hanya melindungi diri dengan menjaga kesehatan saja yang diperlukan, diri Anda dan orang-orang tercinta di sekitar Anda juga perlu adanya memilikidilindungi dengan asuransi. Salah satu produk asuransi yang bisa Anda pilih, yaitu asuransi jiwa syariah

Hal ini dilakukan juga demi menghindari kerugian yang mungkin dapat menimpa keluarga setelah terjaidnya suatu hal buruk terjadi. Dibandingkan asuransi konvensional, asuransisni jiwa berbasis sSyariah ini juga kini marak dipilih. Namun, alasan apa sajakah yang membuat orang-orang memilih dari pemilihan asuransi jiwa sberbasis Syariah ini? Berikut ini adalah beberapa di antaranyaulasannya!.

Alasan Memilih Asuransi Jiwa Berbasis Syariah

Mengapa Anda perlu memilih asuransi ini? Selain untuk melindungi jiwa Anda, berikut ini alasan lainnya:

  • Menggunakan sistem hibah atau donasi

Sistem yang diterapkan dalam asuransi jiwa yang satu ini berupa hibah atau donasi. Maksudnya disiniYang dimaksud di sini adalah Anda bisa mendonasikan ataupun menghibahkan sesuatu kepada orang lain ataupun kepada peserta asuransi syariah yang lain. Perusahaan asuransi syariah di sini hanya bertindak sebagai pengelola dana.

  • Lebih jelas keuntungan maupun kerugian

Asuransi jiwa syariah sangat jelas keuntungan maupun kerugiannya. Dalam hal ini karena tidak ada dana yang hilang ketika Anda berinvestasi dalam asuransi ini. Dalam periode waktu tertentu, keuntungan dapat diperoleh dan dapat dibagi secara rata kepada kedua pihak s. Sehingga kedua belah pihak pun akan merasa aman dan nyaman.

  • Memiliki konsep titipan (Wwadiah)

Asuransi ini menerapkan konsep titipan (Wwadiah). Hal demikian dapatDi mana, konsep ini memberikan banyak keuntungan lain bagiuntuk nasabah asuransi syariah, s. Salah satunya untuk menerima kembali sebagian premi apabila hingga saat jatuh tempo belum ada klaim.

  • Dana yang transparan

Konsep yang digunakan dalam pengelolaan dana di asuransi syariah yaitu pembagian di awal yang jelas. Misalnya saja, berapa banyak porsi untuk pengelola dan banyaknya porsi untuk risiko dibagi pemegang polis telah disepakati di awal.

  • Tidak melanggar syariat

Transaksi keuangan syariah melarang beberapa perbuatan seperti Rriba, Mmaisir (judi), dan Ggharar (ketidakjelasan dana). Jika Anda memilih asuransi ini, maka dana akan dikelola sesuai dengan syariat Islam.

  • Telah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah

Segala hal yang berhubungan dengan keuangan syariah, termasuk juga asuransi diini akan memperoleh pengawasi langsung oleh an dari DPS (Dewan Pengawas Syariah).  Setiap produk yang dikeluarkannya pun juga diharuskan memperoleh persetujuan dari DPS terlebih dahulu.. 

Adanya hal ini tentu dapat membuat masyarakat pun tidak akan meragukan lagi kekembali mengenai halalan maudanpun keharamannya produk syariah karena telah diawasi oleh ahlinya.

Demikianlah alasan mengapa Anda perlu memilih asuransi jiwa berbasis syariah. Dengan memahami asuransi syariah ini akan membuat Anda tidak ragu dalam menentukan pilihan. 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*