admin April 27, 2020

Zat besi merupakan salah satu senyawa kimia yang memberikan nutrisi dalam menunjang perkembangan otak. Termasuk dalam hal kecerdasan anak. Bukan rahasia umum lagi bahwasannya selama mengandung, zat besi sangat dibutuhkan Ibu hamil. Pasalnya ada berbagai manfaat zat besi yang harus dipenuhi bagi anak.

Manfaat Zat Besi

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan memiliki kecerdasan yang baik. Kecerdasan ini bisa didukung dengan salah satunya adalah pemberian nutrisi yang baik, yaitu zat besi. Berikut ini manfaatnya.

1.             Dibutuhkan untuk pembentukan Meilin

Salah seorang dokter yang bernama Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K), mengagatakan bahwsannya perkembangan otak anak tidak terlepas dari pembentukan mielin. Proses Mielinasi atau pembentukan selubung saraf terjadi pada kehamilan Ibu yang mengandung. Tepatnya padatrisemester ke tiga hingga dua tahun setelah kelahiran. Pada proses ini penting untuk menyempurnakan kerja otak agar otak nantinya bisa bekerja dengan optimal.

Proses pembentukan selubung saraf terdiri dari berbagai zat yang mengandung lemak dan protein. Oleh karena itu, berbagai jenis lemak sangat diperlukan pada proses meilinasi sebagai bahan pembentuk selubung saraf. Pada proses ini inilah peran dari zat besi sangat dibutuhkan.

2.             Membantu Kerja Enzim

Sebagian orang termasuk Anda sudah mengetahui bahwa zat besi sangat penting bagi tubuh. Terutama dalam hal kecerdasan otak. Memang hal ini benar. Pasalnya nutrisi dari zat besi ini bisa membantu kinerja enzim dalam rangka merangsang saraf otak. Akibatnya, proses produksi dan pemeliharaan mielin dan pengaruh terhadap aktivitas saraf dapat bekerja secara optimal.

3.             Pembentuk Sel Darah Merah

Manfaat adanya zat besi selain memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kecerdasan otak, adalah penting untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga, kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia atau penyakit kurang darah bahkan dapat menyebabkan penyakit lainnya datang.Hal ini akan berimbas pada kestabilan kondisi tubuh.

Makanan Penunjang Zat Besi

Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi yaitu vitamin C, asam sitrat, asam laktat, sumber gula, daging dan ikan.Anda bisa mendapatkan zat besi misalkan dengan caramenghidangkan salad segar dengan sayuran hijau dengan irisan daging atau salmon panggang.

Anda juga bisamendapatkan zat besi dengan menyajikan sayur bayam berkuah. Syaratnya Anda harus membuang batang atau bagian tangkai bayam yang terlalu besar. Pasalnya, menurut penelitian batang bayam banyak mengandung oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi, yang justru melimpah pada bagian daun.

Makanan Penghambat Zat Besi

Anda harus memerhatikan pula mengenai makanan yang menjadi penghambat zat besi. Makanan yang bisa menghambat penyerapan zat besi yaitu tanin. Tanin bisa ditemukan pada minuman teh. Selain itu Anda juga harus waspada pada polifenol yang bisa ditemukan pada teh dan kopi.

Ada juga oksalat yang ada di dalam batang bayam.Kemudian osfat pada kulit padi dan albumin yang terdapat dalam putih telur. Oleh karena itu, dalam proses memasak ada baiknya Anda memerhatikan secara betul mengenai cara pengolahannya agar manfaat zat besi dapat dirasakan kemanfaataannya secara optimal.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*