admin July 1, 2019

Pada pasien demam berdarah dengue (DBD), trombosit alami penurunan. Naikkan lagi dengan konsumsi enam makanan ini.

Trombosit adalah salah satu komponen darah yang berperan dalam proses pembekuan darah. Jika terdiagnosis DBD, kadar trombosit akan turun sehingga bisa terjadi perdarahan dan komplikasi lainnya. Cegah dengan menaikkan kembali trombosit dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, jumlah trombosit normal manusia adalah 150.000-450.000. “Jika kurang dari itu, fungsi pembekuan darah terganggu sehingga bisa terjadi perdarahan,” jelasnya.

Makanan untuk menaikkan trombosit

Untuk penderita DBD, dr. Adeline merekomendasikan konsumsi makanan di bawah ini untuk mendongkrak kembali kadar trombosit yang menurun.

 

  • Jambu biji

 

“Jambu biji mengandung trombinol yang dapat merangsang trombopoietin (hormon yang mengatur produksi trombosit) lebih aktif,” kata dr. Adeline. Konsumsinya bisa dibuat jus atau dimakan langsung.

 

  • Susu

 

Selain baik untuk tulang, susu juga membantu regenerasi trombosit. Selain itu, kandungan vitamin K pada susu juga dapat membantu proses pembekuan darah. Selain susu, produk olahannya seperti keju dan yoghurt juga bisa diandalkan.

 

  • Delima

 

“Selain bisa menjaga kadar normal trombosit, delima juga kaya akan nutrisi sehingga memberikan tubuh energi,” kata dr. Adeline singkat.

 

  • Daging

 

Daging rendah lemak seperti ikan, ayam, atau kalkun diperkaya akan protein, zink, dan vitamin B12. Semua nutrisi itu dibenarkan oleh dr. Adeline dapat membantu meningkatkan kadar trombosit.

 

  • Kismis

 

Kismis alias raisin kaya akan zat besi. Tentunya ini membantu pembentukan sel darah merah dan membantu level trombosit tubuh. Kismis bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan topping makanan seperti oatmeal, yoghurt, salad, dan lainnya.

 

  • Kacang merah

 

Kacang merah mengandung vitamin B9 atau asam folat yang juga dapat menaikkan kadar trombosit. Selain kacang merah, Anda juga bisa konsumsi sayuran seperti bayam dan asparagus, atau bisa juga buah jeruk.

Selain upaya menaikkan trombosit dengan mengonsumsi makanan di atas, kunci penting penyembuhan DBD adalah memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih 2-3 liter per hari. Pemeriksaan trombosit akan dipantau, umumnya tiap 24 jam. Perhatikan juga tanda-tanda perdarahan spontan dan kondisi berbahaya lainnya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*