admin October 25, 2017

Keindahan Shell Beach, pantai berselimut jutaan kulit kerang di Australia

Shell Beach merupakan salah satu pantai yang jadi kebanggaan Australia. Meskipun di Texas juga ada Shell Beach, pantai yang satu ini terkenal keindahan dan keunikannya hingga ke negara-negara lain. Tepatnya pasir pantai Shell Beach yang unik yang menjadi daya tarik wisata.

Shell Beach merupakan bagian dari Shark Bay World Heritage Area. Letaknya sekitar 45 km di bagian tenggara Denham. Pantainya terlihat putih bersih seperti salju. Jauh lebih putih daripada pasir pantai mana pun. Namun jika diperhatikan lebih dekat, ternyata pasirnya tersusun dari jutaan kulit kerang Hamelin.

Shell Beach, Australia © Wild Image Nation

Shell Beach, Australia © Trover/Judith Cruz Gamboa

Shell Beach, Australia © Scuba Diving Electronic Magazine

Kulit kerang terbentang menutupi area pantai sejauh 60 kilometer, sampai kedalaman 7 meter. Ini adalah satu dari dua pantai di dunia yang tertutup kulit kerang seluruhnya.

Shell Beach, Australia © 16733km.com

Shell Beach, Australia © Alamy

Melimpahnya kerang di Shell Beach kemungkinan disebabkan karena salinitas yang tinggi. Spesies kerang berkembang biak tak terkendali karena predator alaminya tak bisa beradaptasi dengan lingkungan. Cangkang kerang yang mati lantas membentuk batu kapur yang dikenal sebagai coquina.

Dulu coquina di Shell Beach dieksploitasi secara besar-besaran untuk material bangunan. Namun sekarang Shark Bay sudah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Sehingga pantai kulit kerang Shell Beach pun tak lagi terjamah para penambang.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*