Kanker Payudara Bisa Sembuh! Intip Peluangnya Berdasarkan Stadium Kanker Payudara

Untuk mendeteksi stadium kanker payudara, perlu dilakukan berbagai pemeriksaan oleh dokter. Tujuannya agar dokter mengetahui jenis kanker dan seberapa tingkat penyebarannya. Melalui serangkaian pemeriksaan tersebut, dokter akan menemukan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi pasien dan jenis kanker itu sendiri.

Stadium Kanker Payudara

  1. Stadium Dini

Stadium dini atau tahap awal kanker payudara berarti kanker berada di payudara dan belum menyebar ke organ lain. Kanker payudara pada stadium ini sangat bisa disembuhkan dengan pengobatan. Pada fase ini, harapan hidup seorang penyintas mencapai 5 tahun atau lebih hingga 98% selama kanker ditangani secara optimal.

Secara umum, pada kanker payudara stadium dini dan lokal lanjut, tindakan utama yang dapat dilakukan adalah tindakan operasi atau pembedahan dengan tujuan mengangkat sumber penyakit, kemudian dilanjutkan dengan terapi sistemik.

Namun, pada beberapa jenis kanker HER2 Positif, Triple Positive, dan Triple Negative stadium 2 dan 3, terapi sistemik dapat diberikan terlebih dahulu sebelum operasi yang bertujuan untuk mengecilkan tumor, mempertahankan payudara, meningkatkan kesempatan bebas dari progresi penyakit serta meningkatkan harapan hidup.

  1. Stadium Lokal Lanjut

Pada stadium ini, ukuran tumor di payudara sudah membesar dari stadium dini. Sel kanker pada stadium ini biasanya sudah menyebar ke kulit dan dinding dada yang sehat. Pada tahap ini, terapi yang digunakan untuk penderita kanker bukan operasi, melainkan terapi sistemik dan terapi target neoadjuvan / sebelum operasi. Setelah itu, baru diikuti operasi untuk menangani kanker payudara.

  1. Stadium Lanjut

Kanker payudara yang memasuki stadium lanjut berarti sudah berada di tahap yang parah. Sel kanker pada stadium lanjut atau stadium metastatik ini telah menyebar ke organ-organ di dalam tubuh, mulai dari paru-paru, liver, otak, dan organ lainnya. Kanker pada stadium ini tidak dapat disembuhkan secara total dan harapan hidup penderitanya adalah 20-25%.

Keluhan kesehatan sekecil apa pun yang kita rasakan, sebaiknya segera dikonsultasikan untuk mencegah keadaan yang lebih parah. berani cari tahu karena penanganan yang tepat dan optimal di waktu yang tepat akan meningkatkan kesempatan untuk bebas dari penyakit. Tak perlu khawatir dengan metode terapi yang harus dijalani untuk penyembuhan kanker payudara. Sebab dokter menentukan terapi yang harus dijalani berdasarkan pertimbangan yang matang dari berbagai aspek, seperti kondisi fisik pasien dan tingkat keganasan kanker.

 

Source:

https://beranicaritahu.co.id/ch-4/ 

https://beranicaritahu.co.id/ch-6/ 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *