admin May 19, 2019

Anak Anda membutuhkan waktu untuk bermain. Bahkan di usia dinilah anak-anak memiliki banyak waktu untuk bermain. Anda harus cerdas memilih permainan anak usia dini yang aman dan menyenangkan. Tujuannya tentu saja agar permainan yang dilakukan juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

  1. Plastisin

Plastisin sejenis tanah liat yang berwarna-warni dan aman untuk digunakan bermain. Anda bisa membeli plastisin dengan harga yang terjangkau. Tersedia dengan ukuran yang beragam untuk sekali pembelian. Asyiknya plastisin ini tahan lama dan tidak berisiko rusak.

Hanya saja warnanya bisa berubah jika sering digunakan. Permainan dengan menggunakan plastisin dapat digunakan untuk melatih kreatifitas anak. Otak kanannya akan bekerja untuk menciptakan imajinasi selama bermain.

  1. Susun Balok

Bermain bersama anak bisa dilakukan di akhir pekan atau di setiap sore. Anda bisa menyisihkan waktu khusus untuk bisa bermain bersama anak. Ini cara untuk membuat Anda dan anak memiliki kedekatan emosional sejak dini. Salah satu yang bisa dimainkan adalah susun balok.

Permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik dan berpikir anak. Susun balok ini tersedia dengan warna-warni yang menarik. Susun balok bisa dilakukan sesuai keinginan anak ingin membentuknya menjadi apa. Bisa juga dimainkan susun balok tertinggi bersama Anda siapa yang duluan selesai.

  1. Mewarnai

Mewarnai juga masuk dalam kategori permainan anak usia dini. Anda bisa membeli buku mewarnai sesuai dengan tokoh kartun kesukaan anak. Bisa juga mengajak anak untuk menggambar apa yang disukai dan mewarnainya. Proses bermain dengan cara mewarnai ini akan membuat anak belajar untuk rapi dan menyelesaikan tugasnya.

  1. Lempar Tangkap

Buat Anda yang anaknya masih perlu latihan jalan atau masih belum kuat memegang bisa melakukan permainan lempar tangkap. Apa lagi buat anak laki-laki. Permainan lempar tangkap ini menggunakan bola. Jadi usahakan untuk memilih bola yang ringan saja agar anak tidak keberatan. Ukurannya pun disesuaikan dengan kemampuan anak Anda.

  1. Menyusun Puzzle

Permainan yang menyenangkan dan membuat anak tertantang adalah menyusun puzzle. Permainan puzzle sangat bagus untuk membuat anak latihan berpikir sampai menyelesaikan puzzlenya. Anak-anak yang mampu menyelesaikan puzzle secara umum memiliki kecerdasan yang bagus.

Anda bisa memulainya dengan jenis puzzle yang sederhana saja terlebih dahulu. Permainan puzzle ini bisa dilakukan di usia berapa pun tinggal memilih tingkat kesusahan puzzlenya. Asyiknya permainan ini tidak mudah rusak dan mudah untuk dibawa-bawa.

  1. Bermain Pasir

Jangan takut kotor, sesekali anak perlu bermain di alam seperti bermain di pasir. Ini bisa Anda lakukan saat sedang liburan ke pantai. Anda bisa bermain dengan anak mengajaknya membuat istana pasir atau pun membawakan mobil-mobilan agar bisa bermain dengan pasir.

Permainan dengan pasir ini juga melatih kreatifitas anak. Selain itu anak menjadi lebih berani tanpa perlu takut bermain di tempat ramai. Anda hanya perlu memantaunya saja agar tidak memasukkan pasir ke mulut atau pun memperhatikannya agar tidak terkena mata.

  1. Bermain Menempel Stiker

Permainan ini bisa dilakukan di rumah. Anda bisa bermain tempel stiker bersama balita dengan menggunakan stiker stiker menarik. Misalnya seperti stiker huruf atau pun angka. Sediakan papan untuk bisa menempelkan stikernya.

Permainan anak usia dini ada banyak jenisnya. Ini hanya beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Bisa mencari mana yang cocok untuk dimainkan bersama anak. Tidak perlu khawatir untuk memilih permainan di outdoor. Jika baju anak kotor Anda bisa mencucinya dengan sabun Rinso terbaik.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*