admin November 22, 2019

Harga mobil bekas  yang jauh lebih rendah dari harga mobil baru, membuat sebagian orang rela mengenyampingkan soal tampilan dan kualitas dari sebuah mobil. Memang, tidak semua mobil bekas memiliki kualitas yang buruk. Jika jeli dalam memilih, bukan tidak mungkin dapat membeli mobil bekas yang bagus dan awet dipakai. Nah, supaya tidak salah pilih saat ingin beli mobil bekas, coba deh simak tips berikut ini!

1.      Cek Tempat Beli Mobil

Ada banyak jenis mobil yang biasanya bisa dipilih di tempat penjualan mobil bekas seperti showroom, mulai dari mobil Toyota , Avanza, Xenia, Kijang dan lainnya. Anda mungkin saja bisa memilih jenis mobil yang diinginkan, namun sebelum itu, pastikan terlebih dahulu track record tempat penjualan mobil yang ingin anda beli mobilnya. Jika memungkinkan, akan lebih baik membeli mobil dari pemiliknya langsung sehingga anda bisa bertanya berbagai hal terkait mobil yang akan dibeli.

2.      Cek Mesin

Bagian ini menjadi hal yang sangat penting karena mempengaruhi kenyamanan penggunaan mobil. Untuk bisa mengetahui kondisi mesin mobil yang ingin dibeli, cobalah nyalakan mesin, lalu dengarkan dengan baik suaranya. Kondisi mesin bisa diketahui lewat suaranya, biasanya mesin yang bagus memiliki suara yang halus atau tidak kasar. Jika anda minim pengetahuan mengenai mesin mobil, bisa membawa serta orang yang lebih ahli dalam soal mesin saat melakukan pengecekan.

3.      Perhatikan Tampilan Mobil

Tampilan mobil menjadi hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Meski mobil bekas, tidak ada salahnya jika memperhatikan bagaimana kondisi luar mobil. Apakah cukup bagus atau tidak, setidaknya bandingkan harga yang ditawarkan dengan keadaan mobil. Perhatikan pula berbagai eksterior dan interior mobil. Jika pada luar mobil terdapat kerusakan atau tampilan yang kurang bagus seperti misalnya adanya goresan, lecet atau penyok, maka anda bisa mengajukan banding harga.

4.      Kelengkapan Surat

Dapat dikatakan kelengkapan surat menyurat mobil adalah hal yang krusial dan wajib diketahui khususnya oleh calon pembeli. Cek apakah surat mobil seperti STNK dan BPKB mobil lengkap serta asli atau tidak. Adanya STNK dan BPKB yang lengkap akan memudahkan jika nanti ingin balik nama. Jangan sampai membeli mobil bekas yang tidak memiliki surat lengkap atau suratnya palsu. Hal ini hanya akan membuat anda susah nantinya, meski harga mobil bekas yang ditawarkan cukup menggiurkan namun sebaiknya jangan tegoda.

5.      Asuransi

Tanyakan kepada pemilik mobil, apakah ada memiliki asuransi atau tidak? Jika ada, maka ini sebuah keuntungan. Anda bisa meneruskan asuransi mobil untuk jaminan keselamatan nantinya jika anda menjadi pemilik mobil selanjutnya. Proses pengurusan balik nama asuransi mobil kini sudah bisa dilakukan dengan mudah sehingga tidak menjadi masalah besar jika nantinya anda tetap ingin menggunakan asuransi tersebut.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*