admin January 6, 2020

CCTV bisa didapatkan dengan mudah karena sudah banyak toko elektronik yang menjual jenis kamera satu ini. Apakah kamu ingin tahu tentang manfaat CCTV di rumah maupun di tempat usaha? Atau, apakah kamu ingin tahu tentang cara memilih kamera beli CCTV dengan benar? Kali ini kita akan membahas tentang manfaat dan cara membeli CCTV dengan baik dan benar.

Aksi kriminal bisa terjadi kapan dan dimana saja. Sebagai warga negara yang baik kita harus berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang aman, damai dan jauh dari aktivitas kriminal yang meresahkan. Banyak penelitian membuktikan bahwa angka kriminalitas bisa ditekan dengan cara memasang CCTV.

Manfaat CCTV

CCTV atau Closed Circuit Television adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memantau dan merekam apapun yang terjadi di suatu lokasi. Saat ini CCTV sudah dipakai secara luas oleh masyarakat. Untuk mendapatkan alat inipun tidak sulit karena banyak toko elektronik yang jual CCTV.

CCTV biasanya dipasang oleh individu, perusahaan maupun oleh instansi pemerintah. Banyak ahli berpendapat bahwa CCTV berkontribusi besar terhadap terciptanya keamanan pada suatu titik lokasi dan kawasan tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat CCTV yang harus kamu ketahui:

  • CCTV berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan mencegah terjadinya kejahatan. Toko elektronik biasanya jual CCTV secara lengkap termasuk bagian-bagian pentingnya seperti kamera, kabel coaxial, dvd dan lain sebagainya. Dengan adanya kamera yang terpasang, orang akan merasa diawasi sehingga bisa mencegah terjadinya kejahatan
  • CCTV berfungsi untuk memantau kegiatan di sebuah kantor, pabrik dll. Selain untuk meningkatkan keamanan, pemasangan CCTV bisa meningkatkan produktivitas karyawan.
  • CCTV digunakan untuk memantau kegiatan keluarga. Setelah dihubungkan dengan internet, seluruh kegiatan anggota keluarga bisa dipantau dari smartphone yang kamu miliki.

Tips membeli CCTV

Siapa saja bisa membeli CCTV dengan mudah karena alat ini dijual secara bebas. Ada banyak toko elektronik yang jual CCTV baik secara online maupun offline. Agar tidak salah dalam membeli, berikut adalah tips membeli CCTV yang harus diperhatikan:

  1. Beli CCTV sesuai dengan budget dan kebutuhan

sumber : pinterest.com

CCTV memiliki beberapa komponen seperti kamera, DVD, monitor, DVR, NVR dan lain-lain. Nah, untuk kamera, ada banyak jenis kamera CCTV dengan kemampuan dan harga yang berbeda. Semakin baik kemampuan kamera, biasanya harga CCTV tersebut akan semakin mahal. Belilah kamera CCTV yang kualitasnya sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

  1. Tentukan apakah CCTV akan digunakan secara indoor atau outdoor

sumber : pinterest.com

Kamera CCTV untuk outdoor biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk menyerap sinar matahari sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih baik. Kamera outdoor juga bersifat waterproof, sehingga membuatnya tahan terhadap sinar matahari dan air hujan. Sementara untuk kamera indoor, kamu mempunyai banyak pilihan karena pada dasarnya kamera didesain untuk digunakan secara indoor.

  1. Check Spesifikasi kamera yang akan dibeli

sumber : ideagrid.id

Kemampuan kamera berpengaruh terhadap hasil rekamannya. Jika memerlukan hasil rekaman yang baik, kamu memerlukan kamera CCTV dengan spesifikasi yang tinggi. Semakin tinggi spesifikasi sebuah kamera CCTV, hasil rekamannya akan semakin jernih. Hal ini akan berimbas terhadap jumlah uang yang harus kamu keluarkan.

CCTV adalah sebuah alat elektronik yang memiliki banyak manfaat. Fungsi utama CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan suatu daerah atau lokasi. CCTV bisa dibeli dengan mudah karena sudah banyak toko elektronik yang jual CCTV baik secara online maupun offline.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*