admin November 22, 2019

Di kota besar, hampir semua orang memiliki kulkas atau lemari es. Benda yang satu ini sangat dibutuhkan untuk mengawetkan bahan makanan sehari-hari. Namun, daya yang digunakan sangat besar. Sering pula dikatakan sebagai penyumbang terbesar hancurnya lapisan ozon. Anda yang akan membeli lemari es baru, harus benar-benar memilih kulkas hemat energi.

Hemat energi artinya kulkas hemat listrik dan tidak lagi  menghasilkan gas freon yang mengurangi lapisan ozon. Kulkas terkini sudah tidak lagi menghasilkan gas freon. 

Namun, untuk hemat listrik masih belum semua memilikinya. Untuk itu Anda harus memperhatikan fitur kulkas seperti di bawah ini.

  • Berlabel Energy Saver

Pastikan ketika membeli kulkas, ada label energy saver. Dengan label tersebut dapat dipastikan lemari es yang dimaksud berteknologi hemat listrik.

  • High Moisture Switch

Kulkas dengan saklar hemat energi. Belum banyak lemari es di Indonesia yang menggunakan teknologi ini. 

Saklar berfungsi mencegah kondensasi jika cuaca lembab. Saat cuaca kering, saklar bisa 

dimatikan agar lebih hemat energi.

  • Tidak Menghasilkan Kembang Es

Ternyata kembang atau bunga es yang dihasilkan di dalam freezer membuat energi listrik yang digunakan kulkas lebih besar lho!

Pada kulkas keluaran lebih dari 15 tahun lalu, masih banyak yang menghasilkan kembang es. Kulkas saat ini sebagian besar sudah berlabel no frost. Anda repot sekali membuang kembang tersebut beberapa hari sekali.

  • Multi Air Flow

Multi air flow merupakan pengatur agar kulkas menyebarkan dingin secara merata. Fungsi ini membuat dingin merata ke seluruh bagian kulkas. Tidak hanya di tempat tertentu saja.. Pendinginan di tempat tertentu membuat penggunaan energi listrik lebih besar.

  • Rak Teratur dan Fleksibel

Tidak hanya teknologi lemari es yang diperhatikan ketika membeli kulkas. Perhatikan pula bagian dalamnya. Susunan rak lemari es yang dibeli haruslah rapi, teratur, dan fleksibel. Kamu dapat memindahkan beberapa rak sesuai ukuran makanan yang disimpan.

Rak yang teratur membuat dingin lebih merata dan hemat listrik.

  • Teknologi Sensor Econavi

Econavi merupakan teknologi terbaru yang diusung lemari es bermerek Panasonic. Tepatnya, Panasonic BB Series

Lemari es dengan sensor econavi mempunyai 3 sensor yang dapat mendeteksi frekuensi buka tutup pintu, banyaknyanya makanan di dalam, dan cahaya ruangan. Dengan deteksi, listrik yang digunakan dapat disesuaikan. Anda dapat menghemat 37 % listrik dari lemari pendingin biasa.

Itulah 6 hal yang harus diperhatikan untuk lemari es yang disebut hemat energi. Dengan hemat listrik Anda sudah berhemat energi. Secara tidak langsung berperan dalam menyelamatkan bumi di masa yang akan datang.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*