admin November 28, 2017

Bulan Desember merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh para penikmat belanja. Hal ini lantaran adanya banyak momen promo dan diskon yang tersedia di bulan ini mulai dari promo akhir tahun, promo Natal hingga promo Diskon harbolnas . Bagi para pecinta belanja online, pastinya momen Hari Belanja Online Nasional ini adalah yang paling ditunggu dimana konsumen akan diserbu dengan diskon dan juga promo yang ditawarkan oleh ragam situs belanja online yang ada di Indonesia.

Memang momen hari belanja online adalah hari yang amat menguntungkan. Namun terkadang karena saking senangnya konsumen, mereka pun lupa diri dan lupa kontrol akan keuangannya sehingga menjadikan keuangan di momen tersebut kurang stabil, terlebih yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya maka pasti akan sangat hafal dengan tagihan bengkak bulan Desember karena penggunaan belanja yang tidak aturan. Hutang kartu kredit yang menumpuk bukan hanya masalah Anda seorang saja, namun banyak juga orang yang punya permasalahan sama dengan Anda.

Oleh karena itu jika saat ini Anda mengalami dilema terkait hutang kartu kredit karena terlalu banyak belanja di momen akbar Diskon harbolnas, maka berikut ini beberapa tips yang akan membantu Anda:

 

  • Berhenti pakai kartu kredit sementara

 

Hutang sudah menumpuk, jadi sementara berhentilah menggunakan kartu kredit Anda. Cara yang pertama ini wajib untuk Anda lakukan. Meski memang dengan tidak memakai kartu kredit bukan berarti menghentikan bunga tagihan, namun setidaknya Anda tidak akan menumpuk hutang tersebut dan jumlah total tagihan tidak akan bertambah. Jadi, museumkan kartu kredit Anda sementara dan mulai trik penyelesaian hutang lainnya.

 

  • Buat skala prioritas

 

Seperti halnya belanja yang harus membuat skala prioritas, dalam pelunasan hutang pun demikian. Anda harus bisa buat dulu skala prioritas dalam hal pembayaran hutang. Anda bisa membayar misalnya dengan melunasi hutang dari angka kecil lebih dulu. Dengan demikian, maka semangat Anda untuk lunasi hutang lainnya akan membara. Anda juga bisa memilih melunasi kartu kredit yang bunganya terbesar lebih dulu sehingga tunggakan tidak kian membengkak. Skala prioritas ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

 

  • Jual aset atau gunakan tabungan

 

Jika hutang Anda angkanya masih cukup besar, maka bisa juga dilakukan dengan cara mengorbankan aset yang Anda miliki. Misal saja Anda punya simpanan emas atau perhiasan, Anda bisa jual aset tersebut untuk menutup hutang. Jika Anda punya simpanan tabungan atau investasi, mungkin Anda juga bisa menggunakan simpanan itu lebih dulu demi menyelesaikan hutang Anda. Cara ini dipilih sehingga Anda bisa melunasi hutang dulu agar bunga yang dibayarkan pun tidak kian membengkak.

 

  • Cari pemasukan tambahan

 

Gaji bulanan dari pekerjaan utama tentu akan habis demi mencicil sebagian hutang dan juga memenuhi kebutuhan bulanan pribadi Anda. Oleh karena itu ada baiknya Anda sementara mencari pemasukan tambahan. Meski Anda pastinya akan sangat lelah karena bekerja dobel, namun demi misi pelunasan hutang, maka hal ini harus dilakukan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melunasi hutang kartu kredit Anda. Hutang ini tidak akan muncul jika Anda bisa mengontrol diri ketika Diskon harbolnas tiba. Meski banyak situs belanja online menawarkan promo dan diskon, namun pastikan untuk tetap berpikir realistis dimana kartu kredit adalah kartu pinjaman sehingga ada konsekuensi untuk membayarnya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*