admin April 15, 2020

Aplikasi pembukuan gratis bisa menjadi solusi tepat untuk atasi masalah pengelolaan keuangan termasuk dalam ruang lingkup yang paling kecil yaitu keluarga. Manajemen keuangan yang baik tidak pernah bergantung dari status sosial seseorang. Oleh sebab itu, golongan menengah ke bawah maupun menengah ke atas tetap wajib belajar bagaimana cara untuk menggunakan uang dengan bijak. Aplikasi pembukuan ini sangat berguna untuk mengaplikasikan hal tersebut.

Manfaatkan Layanan Aplikasi Pembukuan Gratis untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Hampir semua anggota keluarga memiliki hak dan kewajiban bersama untuk saling bahu-membahu memperbaiki keuangan. Masing-masing pribadi memiliki tanggung jawab yang sama terutama suami dan istri. Hal ini untuk mengantisipasi agar pengeluaran tidak lebih besar dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh. Melalui aplikasi pembukuan yang sederhana tersebut, Anda dapat melakukan perencanaan keuangan yang antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Membuat daftar pemasukan

Aplikasi pembukuan gratis yang bisa didownload dengan mudah lewat HP android tersebut menyediakan beragam fitur terutama untuk keuangan pribadi atau rumah tangga. Anda bisa mengisi daftar pemasukan kas mulai dari gaji istri atau suami, keuntungan usaha, tunjangan, dan lain-lain. Silahkan isi dengan detail hasil pemasukan dalam periode tertentu sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mengisi daftar kebutuhan pokok

Hendaknya seseorang lebih memprioritaskan kebutuhan yang sifatnya primer atau pokok terlebih dahulu. So, langkah selanjutnya Anda bisa mengisi daftar pengeluaran dalam kolom yang telah tersedia dalam aplikasi pembukuan tersebut. Beberapa kebutuhan pokok yang bisa Anda tulis, seperti sembako, biaya sekolah, serta biaya pembayaran listrik, telpon, dan air. Jika pengeluaran tiap bulannya belum bisa dipastikan, Anda bisa mengisi pada bagian catatan keuangan harian terlebih dahulu.

  1. Lakukan pencatatan secara rutin

Demi menjaga keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran maka pencatatan tersebut harus selalu dilakukan secara berkala atau rutin. Anda akan bisa melihat arus uang masuk dan keluar sehingga dapat dilakukan kontrol sejak dini untuk kebutuhan yang bisa dikesampingkan. Begitu juga dengan sisa kas atau uang yang dimiliki, Anda bisa memprediksi kapan pemasukan itu akan habis jika tidak dikendalikan.

  1. Evaluasi secara berkala

Tahap evaluasi sangat penting untuk melihat efektifitas laporan keuangan bulanan yang Anda buat dalam aplikasi tersebut. Jika ditelaah lebih mendalam, mungkin akan terlihat sejumlah pengeluaran yang belum dianggarkan Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi atau pertimbangan dalam membuat anggaran keuangan pada bulan berikutnya.

Aplikasi pembukuan gratis untuk kebutuhan pengelolaan keuangan rumah tangga sudah bisa Anda dapatkan lewat ‘BukuKas’. Aplikasi dengan tampilan yang praktis dan mudah ini bisa diperoleh secara gratis tanpa dipungut biaya bulanan. Siapapun pasti akan bisa mengoperasikan aplikasi manajemen keuangan ini.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*