Cara Merawat Rambut Tebal

Mempunyai rambut tebal memang menyenangkan, namun dibalik itu, mempunyai rambut tebal membutuhkan usaha ekstra dari pemiliknya dalam hal perawatan.

Perawatan rambut tebal harus terus dilakukan agar kesehatan rambut terjaga dan tentunya rambut tidak mudah rontok.

Nah, dibawah ini adalah beberapa tips cara merawat rambut tebal yang bisa anda aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Tebal?

  1. Gunakan Shampo Secara Rutin

Untuk kesehatan rambut, anda disarankan untuk tidak terlalu sering mengkeramasi rambut dengan shampo karena dikhawatirkan rambut akan kering dan kelebihan nutrisi. Dalam pemakaian wajar gunakanlah shampo setidaknya 1 sampai dua kali perharinya.

Adapun, untuk perawatan rambut tebal, ada baiknya anda memilih shampo yang cocok untuk jenis rambut tersebut. Ini dikarenakan setiap jenis shampo biasanya memiliki kandungan bahan tertentu yang memang digunakan untuk jenis rambut tertentu.

So, sebelum membeli shampo pastikan kandungan dan khasiat merk shampo tersebut, belilah shampo yang digunakan khusus untuk perawatan rambut tebal dan juga anti rontok.

  1. Perhatikan Penggunaan Hair Dryer

Bagi orang yang memiliki rambut tebal, menggunakan hair dryer atau pengering rambut setelah mandi sudah menjadi sebuah keharusan, ini dikarenakan jika menunggu rambut kering secara alami tentu saja akan membutuhkan waktu lama sehingga membutuhkan bantuan alat elektronik.

Adapun, Jika anda ingin menggunakan pengering rambut, setidaknya ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar rambut tebal anda tidak mudah rusak dan nantinya malah rontok.

  • Perhatikan jarak rambut dengan ujung hair dryer, berilah jarak setidaknya 20 sampai 30 centimeter.
  • Usahakan untuk menggunakan serum sebelum anda menggunakan pengering rambut
  • Lakukanlah pengeringan rambut dengan handuk sebelum hair dryer anda gunakan.
  • Berikan suhu sedang pada hair dryer dan jangan terlalu panas.
  • Usahakan untuk mengeringkan rambut secara alami baik itu dengan handuk ataupun kipas angin. Hal tersebut dianggap lebih aman dibandingkan dengan penggunaan mesin pengering rambut.

 

 

  1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Seluruh bagian dalam tubuh adalah bagian yang berkaitan satu sama lain, jika ada pola nutrisi dan gizi yang salah dalam tubuh itu akan berakibat pada bagian-bagian tubuh tertentu, termasuk juga pada bagian rambut.

Untuk menjaga kesehatan dan ketebalan rambut anda harus banyak mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi, utamanya makanan yang mengandung zat besi. Omega 3, asam lemak, protein, vitamin A E C D, B dan juga biotin.

Adapun, berbagai nutrisi tersebut dapat anda temukan di makanan seperti daging non lemak, sayuran, buah buahan dan juga susu rendah lemak.

Selain menjaga asupan dalam tubuh, anda juga harus bisa mengontrol stres. Stres diketahui dapat mengurangi hormon tertentu dalam tubuh yang pada ujungnya bisa membuat rambut menjadi rontok dan kurang sehat.

  1. Potong Ujung Rambut Secara Berkala

Memiliki rambut tebal tentu saja membutuhkan usaha ekstra untuk merawatnya. Salah satu hal yang harus rutin anda lakukan adalah memotong ujung rambut.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah rambut anda terlalu panjang dan juga menghilangkan rambut bercabang yang biasanya terjadi pada ujung-ujung rambut. Dengan seperti itu rambut tebal anda dapat selalu terlihat bersih dan juga rapi.

Selain itu, ketika anda menyisir rambut lebat lakukanlah secara perlahan. Jika anda menyisir rambut dengan terlalu keras, dikhawatirkan rambut banyak yang rontok dan menyebabkan penipisan pada rambut.

Perhatikan juga jenis sisir yang digunakan, usahakan untuk menggunakan sisir yang tidak terlalu rapat agar anda lebih nyaman ketika menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.