admin January 16, 2020

Rasa sakit pada tubuh bisa terjadi kapan saja dan tak jarang membuat Anda bingung juga panik. Salah satu bagian yang sering terasa perih atau sakit adalah mata. Tidak perlu khawatir lagi karena bisa melakukan konsultasi dengan dokter di SehatQ.com. Berikut cara menjaga kesehatan mata yang akan disarankan kepada Anda.

  1. Asupan Gizi

Dimulai dari hal yang paling mudah dan paling utama untuk diterapkan yaitu memenuhi kebutuhan asupan gizi. Nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata adalah vitamin A, C dan E, lutein, selenium, Zinc, omega-3 dan asam lemak.

Jika semua nutrisi ini terpenuhi Anda tidak akan mengalami masalah kesehatan pada mata. Utamakan untuk mendapatkan nutrisi ini dari sayuran dan buah-buahan. Jika tidak terpenuhi dengan baik baru Anda gunakan multivitamin.

  1. Atur Pemakaian Elektronik

Salah satu aktivitas yang memberikan risiko besar pada mata adalah pemakaian elektronik berupa televisi, komputer atau laptop, dan smartphone. Pemakaian serangkaian elektronik ini dalam waktu alam dapat membuat mata Anda menjadi lelah.

Bahkan bisa disertai dengan sakit kepala, nyeri pada leher, baju yang ikutan sakit, dan bagian punggung. Atur pemakaiannya dengan baik, misalnya saat Anda bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer berikan jeda pada mata untuk beristirahat. Selain itu atur jarak pandang Anda sejauh 30 cm. Begitu juga saat menonton televisi jangan terlalu lama dan terlalu dekat.

  1. Melindungi Mata

Dokter spesialis mata akan menyarankan Anda untuk menjaga kesehatan mata dengan melindunginya dari berbagai penyebab kerusakan mata. Misalnya dari bahaya sinar ultraviolet Anda disarankan menggunakan kaca mata hitam, apa lagi aktivitas secara rutin dilakukan di luar ruangan. Kaca mata hitam sangat bermanfaat untuk memblokir sinar UVA dan UVB.

  1. Jangan Pakai Kosmetik Lama

Bagi Anda para wanita harus sangat cermat memperhatikan kosmetik yang digunakan. Jangan sampai menggunakan kosmetik yang sudah sangat lama. Terkhususnya kosmetik yang digunakan untuk mata. Baik dalam bentuk cair atau pun krim akan berisiko mengalami pertumbuhan bakteri yang lebih cepat dan banyak jika sudah lama.

Sekalipun belum kedaluwarsa sebaiknya kosmetik yang pemakaiannya sudah dilakukan selama lebih dari 3 bulan harus lebih cermat. Jika sudah ada perubahan warna pada kemasan sebaiknya dibuang saja. Selain itu setelah menggunakan kosmetik di bagian mata ataupun wajah jangan lupa untuk mencucinya sampai bersih.

Jangan sampai ada yang tertinggal karena bisa menyebabkan iritasi pada mata, bahkan bisa mengalami infeksi yang merusak mata. Gunakan pembersih yang tepat dengan kapas. Bersihkan secara perlahan jangan sampai menggosok mata terlalu kuat saat membersihkannya.

  1. Pemeriksaan Mata

Cara berikutnya yang penting dilakukan jika Anda mulai merasa tidak nyaman pada mata yaitu melakukan pemeriksaan mata. Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter mata untuk mengkonsultasikan keluhan Anda. Jika ada kerusakan pada mata bisa segera dilakukan cara pengobatan yang tepat. Pemeriksaan bisa dilakukan secara rutin setiap satu tahun sekali.

  1. Olahraga

Apapun masalah kesehatan Anda cara untuk menjaga agar kondisi kesehatan tetap sehat adalah melakukan olahraga. Di mana manfaatnya akan membantu mencegah risiko kehilangan penglihatan karena mengalami tekanan darah tinggi. Selain itu diabetes akan mencegah Anda mengalami diabetes yang juga dapat merusak kesehatan mata.

Mata juga jangan sampai digosok-gosok dengan kuat saat terasa perih atau sakit. Jika terlihat sudah kemerahan dalam beberapa hari segera kunjungi dokter spesialis mata. Konsultasi di situs sehatq.com untuk mendapatkan solusi awal.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*