admin December 17, 2019

Mobil merupakan kendaraan yang bila terjadi kerusakan membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan motor. Anda tentu tidak akan terkejut untuk masalah ini. Jadi jika mobil mengalami masalah seperti goresan, bisa menerapkan cara menghilangkan goresan di mobil yang dalam dengan langkah berikut ini.

  1. Ketahui Kedalaman Goresan

Cara paling awal dengan mengetahui seberapa dalam goresan yang terjadi pada mobil. Goresan yang dalam lebih parah dari jenis lainnya dan biasanya bisa saja sudah menembus ke lapisan cat dasar mobil. Anda harus sigap dan menemukan cara yang tepat untuk menghilangkan goresannya.

  1. Mengamplas Mobil

Anda tentu saja tidak bisa langsung mengecat mobil untuk menghilangkan goresan yang dalam. Cara yang bisa diterapkan dan dianjurkan adalah melakukan amplas mobil. Mulailah dengan memilih grit yang cocok untuk mengamplas mobil. Anda harus memilih grid yang besar angkanya agar hasilnya semakin halus.

Pilihan gritnya di antara 40 sampai 2000 grit. Pengamplasan dengan hasil terbaik akan didapatkan menggunakan amplas blok. Tujuannya untuk mendapatkan hasil amplas yang lebih rata dan maksimal sehingga goresan bisa tertutup. Selain itu pastikan amplas yang Anda gunakan adalah tahan air agar hasilnya bisa optimal.

  1. Bersihkan Bagian Mobil

Setelah selesai proses pengamplasan Anda harus mengelap bagian mobil tersebut dengan menggunakan kain kering dan berbahan lembut. Lebih maksimal lagi jika Anda gunakan pistol angina kompresor untuk memastikan permukaan mobil yang diamplas sudah benar-benar kering.

Anda bisa membersihkan mobil setelah diamplas dengan menggunakan cairan pembersih mobil yang bening. Pilih yang dari bahan thinner agar bisa menghilangkan bekas rembesan selama amplas seperti oli. Semprotkan cairan ini dengan merata sampai dirasa cukup.

  1. Pengecatan Mobil

Cara selanjutnya untuk membuat goresan yang dalam pada mobil bisa menghilang adalah dengan pengecatan mobil. Cara ini memang solusi terbaik setelah dilakukannya amplas. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mudah.

Gunakan cat yang netral agar hasilnya lebih sempurna yaitu warna cat dasar putih atau pun abu-abu. Selama proses pengecatan dilakukan, pilihlah lokasi yang terang atau area terbuka agar sinar matahari bisa langsung mengenai mobil. Pastikan selama pengecatan dasar ini tidak terkena debu sehingga warna dasarnya bisa rapi.

Diamkan selama dua jam setelah selesai mengecat dengan warna dasar. Setelah benar-benar kering barulah Anda menggunakan warna cat yang diinginkan untuk mobil. Cata tersebut sudah dicampurkan tiner secukupnya saja jangan sampai terlalu encer.  Sesuaikan jumlah tinernya dengan jenis cat yang Anda gunakan.

Anda harus melakukan pengecatan dengan sangat teliti. Cukup sekali saja penarikan spot cat agar tidak menumpuk dan catnya tidak terlalu tebal. Lakukan secara bertahap dan perlahan jangan melompat-lompat atau terburu-buru. Setelah Anda selesai mengecat, keringkanlah sampai benar-benar kering.

Terakhir adalah proses varnish dengan tujuan agar cat bisa tetap bagus dan awet nantinya tanpa terlihat seperti terkena goresan. Lakukan penyemprotan varnish ini dengan rata agar hasilnya maksimal tanpa ada celah yang membuat mobil terlihat tidak bagus. Tunggu lagi sampai kering barulah setelah itu Anda lap mobil agar terlihat mengkilat seperti mobil baru.

Apapun kendaraan yang Anda miliki tetap harus melakukan perawatan dan mengambil langkah cepat jika terjadi kerusakan. Anda bisa mencari tahu berbagai informasi tentang mobil di seva.id. Selain itu juga bisa mendapatkan informasi lainnya seperti berbagai hal tentang surat jual beli tanah. Anda bisa langsung mengunjungi website-nya dan dapatkan informasi yang dibutuhkan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*