Cara Menghilangkan Bau Mulut

Mempunyai bau mulut akan membuat anda merasa tidak nyaman menjalankan aktivitas sehari-hari. Anda bisa merasa tidak percaya diri dan malu jika harus berbicara dengan orang lain, apalagi jika dilakukan dalam jarak dekat.

Permasalahan bau mulut bisa disebabkan oleh keadaan normal tertentu dan bisa disebabkan oleh penyakit.

Contoh penyebab normal diantaranya adalah memakan petai atau jengkol. Jika bau mulut disebabkan oleh hal tersebut, maka penanganan bisa lebih mudah.

Adapun, jika bau mulut disebabkan oleh hal lain seperti misalnya gigi berlubang ataupun infeksi pada bagian gusi gigi. Anda harus memeriksakannya ke dokter agar mendapat penangangan yang baik.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau pada mulut. Mari kita simak bersama-sama.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Bau mulut bisa disebabkan oleh mulut kering, maka dari itu agar mulut selalu basah anda harus rajin minum air putih sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan.

Jika mulut selalu dalam keadaan basah maka produksi air liur dalam mulut dapat tercukupi. Air liur ini sangat berguna bagi mulut karena bisa mencegah tumbuhnya bakteri yang menghasilkan senyawa belerang atau sulfur pada mulut., produ maka

Senyawa itulah yang biasanya menyebabkan bau mulut. Pada mulut yang kering senyawa tersebut dapat berkembang biak dengan cepat. Maka dari itu tidak aneh jika misalnya orang yang mulutnya kering mempunyai bau tak sedap ketika berbicara.

  1. Gosok Gigi Secara Rutin

Cara menghilangkan bau mulut terbaik adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Dengan menggosok gigi diharapkan sisa sisa kotoran makanan yang ada dalam mulut akan bersih dan tidak menimbulkan kuman-kuman penyebab bau mulut.

Usahakan untuk menyikan gigi secara rutin seminimalnya 2 sampai 3 kali dalam sehari. Terutama sebelum tidur dan setelah anda makan.

Ini dilakukan agar sisa sisa makanan tidak menyebabkan plak ataupun kerusakan pada gigi. Seperti diketahui kerusakan pada gigi bisa juga menjadi penyebab bau pada mulut.

  1. Obat Kumur

Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi, ini dilakukan agar hasil pembersihan sisa kotoran di mulut dapat berjalan lebih maksimal.

Selain itu, obat kumur bisa juga digunakan ketika anda merasakan mulut anda terasa kurang sedap. Penggunaan obat kumur dirasa lebih praktis dan lebih gampang dibandingkan anda harus menggosok gigi.

  1. Berhenti Merokok

Salah satu cara yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau mulut adalah menghentikan kebiasaan kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan bau, diantaranya adalah berhenti merokok dan juga menghindari makanan beraroma bau, seperti misalnya jengkol dan petai.

Dengan seperti itu diharapkan bau pada mulut dapat berangsur pulih. Bagaimanapun makanan berbau dan juga rokok mengandung senyawa yang tidak baik untuk kesehatan gigi dan juga kesehatan tubuh.

  1. Konsultasi ke Dokter Gigi

Jika segala sudah dilakukan namun bau mulut anda tetap tidak mau hilang, ada baiknya anda menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

Dikhawatirkan ada penyakit-penyakit tertentu dalam gigi anda yang membutuhkan penanganan khusus dan lebih lanjut. Dengan seperti itu nantinya penyakit pada gigi anda dapat tertangani dengan baik dan tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Adapun, selain cara cara diatas, jika mulut terasa bau, anda bisa mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa mengurangi bau pada mulut anda seperti misalnya permen, jahe, yogurt, buah apel dan jenis makanan-makanan lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.