admin January 26, 2018

Perut kembung adalah salah satu masalah yang sering dihadapi bayi. Bayi yang perutnya kembung biasanya akan rewel dan membuat pekerjaan rumah Anda terbengkalai. Ada cara mengatasi perut kembung pada bayi secara tradisional yang bisa Anda terapkan. Jadi, Anda bisa mencobanya dulu di rumah untuk meredakan sakitnya. Apa saja caranya?

1. Gunakan Irisan Bawang Merah

Menggunakan irisan bawang merah untuk mengatasi perut kembung pada bayi cukup ampuh dan bisa Anda terapkan. Sebab, irisan bawang punya khasiat memberikan sensasi hangat pada bagian tubuh yang dioleskan dengannya. Rasa hangat ini akan membuat gas yang ada dalam tubuh si kecil keluar.

Untuk cara mengaplikasinnya, Anda tinggal mengoleskan irisan bawang merah ke bagian perut dan punggung bayi Anda. Tak lama kemudian, kembung pada bayi Anda akan teratasi. Cara ini sudah terbukti ampuh karena telah digunakan sejak zaman dulu. Jadi, Anda tak perlu ragu jika berniat mencobanya.

2. Beri Air Hangat

Air putih pada bayi terutama pada bayi usia 6 bulan sebenarnya tidak disarankan. Air putih yang dingin bisa menyebabkan bayi Anda kesulitan untuk membuang gas dalam tubuhnya. Namun, lain ceritanya dengan air hangat. Memberi bayi minum air hangat terbukti ampuh untuk mendorong gas penyebab perut kembung.

Air hangat yang masuk ke usus halus bayi Anda akan membuat gas yang ada dalam tubuhnya keluar melalui kentut. Namun, sekali lagi, perlu diingat. Memberikan air putih pada bayi di bawah usia 6 bulan tidak dianjurkan. Cara ini juga hanya bisa Anda terapkan untuk bayi usia 6 bulan ke atas.

3. Kerokan

Cara yang satu ini memang terdengar ekstrem. Namun ternyata, cukup ampuh untuk mengatasi perut kembung yang dialami bayi. Jangan berpikiran negatif dulu. Cara kerokan bayi ini jelas berbeda dengan cara mengerok orang dewasa. Bila mengerok orang dewasa menggunakan koin, kerokan pada bayi cukup menggunakan bawang merah saja.

Sama seperti menggunakan irisan bawang merah, Anda hanya cukup mengusap punggung bayi Anda dengan bawang merah yang sebelumnya diberi sedikit minyak. Nah, Anda juga harus tahu. Cara yang satu ini hanya diperkenankan untuk bayi di atas 6 bulan. Di bawah itu, jangan, ya!

4. Beri Minyak Telon

Cara tradisional terakhir yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan perut kembung pada bayi adalah dengan memberi mereka minyak telon. Sejak dulu, penggunaan minyak yang bisa menghangatkan tubuh bayi ini memang dianjurkan agar menghindarkan mereka dari masuk angin. Mengoleskannya pada perut dan punggung juga bisa mengatasi perut kembung bayi.

Gunakanlah setiap habis mandi atau ketika mereka rewel dengan cara memijatnya lembut. Anda harus memilih minyak telon yang baik untuk bayi, ya! Salah satunya adalah Zwitsal. Produk minyak telon dari Zwitsal ini terbukti baik untuk bayi karena memberikan rasa hangat yang pas. Selain itu, produk ini juga bisa menghindarkan bayi Anda dari gigitan nyamuk.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi memang tak terlalu sulit sebenarnya. Tapi, Anda harus berusaha agar mereka tidak terkena masalah ini, ya! Anda harus merawatnya dengan telaten dan disarankan pula untuk Anda yang menyusui untuk tidak makan makanan pemicu gas. Jelas tujuannya agar bayi Anda terhindar dari perut kembung.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*