Cara Mengatasi Lantai Dapur yang Licin

Salah satu bagian terpenting di dalam rumah yaitu dapur. Dapur menjadi pusat untuk melakukan banyak aktivitas, seperti membuat makanan, mencuci piring dan lain sebagainya. Menjaga kebersihan dapur merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan. Salah satu bentuk dalam menjaga kebersihan dapur ini yaitu menjaga supaya lantai dapur tidak licin.

Dapur termasuk area yang memang paling rentan untuk lantainya mengalami licin. Aktivitas seperti mencuci piring, memasak dan lain sebagainya yang dilakukan di dapur umumnya menjadi penyebab akan hal itu.

Jika Anda merasa keramik lantai dapur licin maka Anda perlu segera mengatasi hal tersebut. Berikut ini adalah langkah agar keramik lantai dapur jadi tidak licin.

Bagaimana Cara Mengatasi Lantai Dapur yang Licin?

 

Sikat Memakai Sabun Cuci

Sabun cuci piring dapat membuat lantai licin jika residu terciprat ke lantai dan tidak dipel. Namun sabun cuci piring tersebut juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan cipratan minyak yang membuat lantai dapur jadi licin.

Di sini Anda hanya perlu menyikat semua lantai dapur memakai sikat yang telah dicelupkan di dalam cairan mencuci piring tersebut. Setelah Anda menyikatnya, maka jangan lupa untuk mengelap kembali seluruh lantai.

Taburkan Tepung Terigu

Tak jarang di sini lantai dapur jadi terlalu licin dan berminyak ketika Anda baru selesai menggoreng. Untuk menyiasati agar nantinya keramik lantai tetap kesat, maka Anda bisa menggunakan tepung terigu. Taburkan tepung terigu di bagian lantai dapur yang di sini terasa licin serta biarkan untuk beberapa saat.

Tepung terigu sangatlah efektif untuk menyerap minyak, sehingga nantinya akan mencegah lantai dapur jadi licin. Setelah membiarkan tepung terigu selama kurang lebih 5 hingga 10 menit di permukaan lantai, Anda bisa segera menyapu dan pel lantai agar tidak licin

Gunakan Koran Bekas

Anda jangan langsung membuang kotoran koran bekas yang terdapat di rumah, karena nyatanya benda tersebut bisa dijadikan barang ampuh untuk membuat keramik lantai dapur supaya tidak licin.

Di sini Anda hanya perlu menutupi area dapur yang berminyak dan basah menggunakan koran bekas. Barang bekas ini nantinya dapat menyerap cairan serta minyak dari lantai dengan sendirinya. Jika koran tampak basah, maka Anda tinggal mengepel area dapur memakai alat pembersih.

Pakai Alas Dapur Karet

Kondisi keramik yang telah lama juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab keramik lantai dapur jadi licin. Karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan alas berupa karet. Alas karet ini tak harus menutupi semua lantai, melainkan di bagian-bagian tertentu seperti dekat tempat mencuci piring atau memasak.

Dengan begitu cipratan dari minyak, air serta residu sabun tak akan langsung mengenai keramik lantai dapur. Alas karet juga bisa mencegah cipratan tersebut menyebar lebih jauh ke bagian lantai dapur yang lain.

Rutin Membersihkan

Membersihkan dapur supaya lantai tidak licin perlu dilakukan secara rutin 2 minggu sekali. Anda harus membiasakan diri mengepel keramik lantai dapur supaya bekas air sabun ataupun minyak yang terjebak pada permukaan lantai cepat hilang. Gunakan bahan yang benar-benar digunakan untuk membersihkan lantai.

Keramik lantai dapur yang kesat akan membuat keluarga Anda terhindar dari resiko terpeleset ataupun tergelincir. Maka dari itulah, sangat penting untuk Anda semua melakukan tips-tips yang sudah diberikan di atas supaya lantai dapur tidak berada dalam keadaan licin dan tentu akan sangat membahayakan penghuni rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.