admin June 21, 2019

Selama ini banyak orang yang berpikir bahwa alat penghemat listrik terbaik tersebut tidak mungkin bisa menghemat listrik dikarenakan terpasang sudah tetap. Bagaiamana mungkin listrik dapat dihemat.Beberapa orang mengatakan bahwa alat tersebut hanya mengurangi atau membatasi arus, sehingga arus yang akan masuk ke peralatan menjadi lebih kecil, akibatnya penghematan. Tetapi resikonya peralatan menjadi cepat rusak

Sebenarnya jika dilihat dari pendapat diatas, maka terdapat 2 hal terjadi. Pertama adalah pemahaman terhadap cara kerja, kedua adalah salah pemahaman terhadap penghematan yang dimaksud

Bagaimana alat penghemat listrik tidak mudah rusak?

Hal terpenting dalam penghematan listrik ialah pada alat tersebut yang terletak pada sebuah kapasitor star up dan juga kapasitor bank. Semua alat induktif membutuhkan sebuah tarikan awal, yang cukup besar sebelum alat tersebut dapat berjalan normal.

Bila sebuah kipas angin dihidupkan, maka tarikan awal akan dipenuhi oleh listrik lebih dari 2x lipat dari biasanya. Setelah semakin cepat berputar, kemudian daya yang ditarik pada jaringan akan turun sampai titik rendah.

Sebetulnya didalam sebuah kipas angin, terdapat kapasitor yang berukuran 1-3 uF yang menjadi star up kapasitor. Dengan adanya kapasitor itu, maka dari itu putaran awal kipas saat dinyalakan akan lebih jauh stabil. Lalu apakah tanpa kapasitor atau juga kapasitor yang lebih kecil tidak bisa beroperasi?

Percobaan penjujian penghematan

Cobalah untuk mengganti kapasitor menjadi yang lebih kecil. Saat dijalankan atau dinyalakan, maka kipas angin tersebut akan jauh lebih lama starnya. Dikarenakan tenaga untuk star sepertiya tidak terlalu cukup.

Padahal arus yan masuk ke kipas sama atau juga bahkan bisa lebih besar bukan? Gunakan tang amper, amper meter dan juga alat lainnya yang diperlukan untuk melakukan percobaan pengujian jika perlu.

Percobaan kedua kondisi di atas, manakah diantaranya yang lebih boros listrik? Jelas yang ke 2. Karena kondisi yang ke 2 membuat kita jadi lebih harus menunggu sedikit lama untuk kipas mulai berputar dan mungkin harus diberi sedikit dorongan dari tangan kita. Padahal arus listrik kita terus bekerja dan dapat memungkinkan akan merusak motor dari kipas tersebut jika dibiarkan.

Dengan adanya alat penghemat listrik, maka kebutuhuan kapasitor untuk digunakan ke berbagai perlatan dapat dikompensasi secara efisien. Prinsipnya juga hampir sama. Itulah yang dimaksud penghematan pertama yang dapat dilakukan dengan alat tersebut.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*