admin November 8, 2017

Sebelum memilih kain untuk dicetak, sebaiknya Anda mengetahui dulu bagaimana reaksi beberapa kain saat mengalami proses pencetakan. Sehingga, Anda tidak salah pilih dan lebih waspada dalam memadukan kain dengan catnya. Sebab, setiap kain mempunyai reaksi yang berbeda-beda pada tinta atau cat yang digunakan. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan cara print kain ketahui dulu bagaimana tipe kain dan cat!

Kain katun

Kain Katun adalah pilihan utama untuk sablon, karena cenderung menyerap tinta lebih mudah daripada kain lainnya. Kain katun adalah pilihan paling populer untuk kebanyakan cetak kain dan pelanggan. Karena bahan ini lembut, mudah menyerap dan terbuat dari kapas organik bahkan ada  lebih lembut lagi. Seperti halnya kain apapun, Anda harus dapat menyempurnakan cetakannya. Pastikan Anda memberikan banyak waktu untuk benar-benar mengeringkannya sebelum mengaplikasikan alatnya. Katun sering digunakan untuk print kain batik.

Kain sutra

Sutra menyediakan permukaan datar yang indah untuk cetakan layar dan serat alami menyerap tinta secara merata dan efektif. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kainnya lebih tipis, sehingga penyerapan tintanya lebih mudah. Jadi, efeknya lebih halus daripada pada kapas atau wol yang lebih tebal. Sutra cenderung bergerak di sekitar atau sedikit menyusut sepanjang proses, jadi pastikan untuk memangkas kain dan menggunakan perekat meja agar kain tetap halus. Tapi, apapun itu bila menyerahkan ke jasa marketplace desain, Anda tak perlu khawatir. Baik desain maupun kainnya tetap bisa diatasi secara profesional.

Kain wol

Campuran wol dan wol menawarkan permukaan penyerap untuk print kain dan seperti kapas semakin tinggi jumlah wol maka, semakin baik. Umumnya kainnya lebih tebal, tinta kain lebih banyak yang akan diserap ke dalam serat. Jika kainnya lebih tebal atau bertekstur, berarti membutuhkan cetakan rinci. Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih bagus dengan desain motif kain yang tidak begitu rumit untuk beberapa produk wol.

Kain Jersey

Jersey biasanya merupakan campuran kapas dan kain yang melar ini cenderung untuk mencetak dengan cukup baik. Cat kain berbasis air akan memberikan hasil yang bagus, yang cenderung diam di atas kain dan pecah saat kain mengembang dan berkontraksi. Tinta berbasis air terendam ke kain untuk hasil yang lebih lembut dan superior.

Sekali lagi, ada kemungkinan jersey yang bergerak saat di cetak kain, jadi pastikan untuk menggunakan perekat berkualitas saat membuat cetakan Anda. Umumnya untuk kain jersey motif yang digunakan adalah seamless pattern. Tidak terlalu rumit seperti pada motif kain batik yang membutuhkan detail. Pekerjaan pencetakan menjadi mudah bila Anda serahkan pada FullPrint.id yakni marketplace desain yang melayani print kain berkualitas tinggi.

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*