admin May 25, 2019

Cacingan merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh anak kecil. Kebanyakan anak kecil terserang penyakit yang satu ini karena kurang dapat menjaga kebersihan diri sendiri. Meski demikian, tak jarang orang dewasa juga mengalami masalah yang satu ini. Lantas bagaimana cara menanganinya? Berikut bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Bawang Putih, Mempercepat Proses Penyembuhan

Seperti yang sudah diketahui bahwa bumbu dapur yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari bawang putih yang jarang diketahui banyak adalah efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Hal ini disebabkan karena bawang putih kaya akan kandungan asam amino yang memiliki sifat anti parasit dan efektif untuk membunuh mikroba dalam tubuh.

Untuk orang dewasa, Anda bisa langsung mengonsumsi 3 siung bawang putih dalam keadaan perut kosong setiap harinya. Pastikan untuk melakukannya secara rutin setiap harinya. Meski demikian cara yang satu ini mungkin terbilang sulit untuk anak-anak. Jadi, Anda bisa iris bawang putih dan masukkan ke dalam susu atau minuman yang akan diberikan kepada sang buah hati.

Wortel untuk Penanganan yang Tepat

Wortel merupakan sayuran yang dikenal kaya akan kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, namun faktanya wortel juga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan parasit seperti cacing. Serat yang terdapat pada wortel sangat efektif untuk mendorong pencernaan agar dapat bekerja dengan lebih baik.

Jus wortel dapat dijadikan sebagai salah satu olahan yang tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat varian sup wortel yang dapat dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Cara yang satu ini dapat digunakan untuk segala usia baik anak-anak hingga orang dewasa. Jadi jangan lupa untuk memanfaatkan sayur yang satu ini ya.

Kulit Mangga, Efektif untuk Membasmi Cacing di Perut

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang menjadi favorit kebanyakan orang. Saat mengonsumsi mangga biasanya bagian kulitnya akan dibuang. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kulit mangga juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah efektif untuk membasmi cacing di perut.

Pasalnya kulit mangga memiliki kandungan AHA yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai produk kecantikan. Ternyata kandungan yang satu ini memiliki sifat antelmintik yang mampu membubuh kuman berbahaya dalam tubuh. caranya juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kulit mangga selama 15 menit, namun pastikan kulit dalam keadaan bersih.

Biji Pepaya Matang, Efektif untuk Menghilangkan Cacing

Tak hanya kulit mangga saja, ternyata biji pepaya matang juga memiliki manfaat yang cukup efektif untuk menghilangkan cacing di dalam perut. Pasalnya biji pepaya kaya akan kandungan sitosterol, benzyl thiourea, benzylglucosinatole, caricin, dan hentriacontane yang termasuk ke dalam bahan penting yang efektif untuk membasmi parasit yang berbahaya dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, biji pepaya kering ini juga sangat efektif untuk mencegah peradangan yang disebabkan karena perkembangan cacing dan sel telurnya. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai obat cacing. Setelah itu haluskan dan campurkan ke dalam susu atau air hangat.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi masalah cacingan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan. Terlebih lagi cara alami juga cenderung lebih aman untuk digunakan. Selain menggunakan berbagai bahan alami di atas, hal ini juga harus diimbangi dengan selalu menjaga kebersihan menggunakan sabun lifebuoy.co.id.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*