admin August 25, 2019

Selama ini mungkin kamu mengira bahwa asuransi jiwa itu ya asuransi jiwa saja. Tak ada pembagiannya. Padahal, asuransi jiwa itu memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah asuransi jiwa endowment atau disebut juga dengan asuransi jiwa dwiguna. Apa itu? Apa keuntungannya untukmu?

Asuransi Dwiguna

Asuransi endowment adalah perlindungan yang memberikan sejumlah uang pertanggungan kepada si tertanggung ketika ia meninggal dunia dalam periode tertentu. Sampai sini, asuransi dwiguna ini sama saja dengan asuransi jiwa pada umumnya. Namun, yang membedakannya adalah asuransi ini juga memiliki sifat serupa tabungan.

Sebenarnya, fokus utama dari asuransi dwiguna ini adalah tabungan. Perlindungan jiwanya bisa dikatakan sebagai pelengkap saja namun juga memiliki peran yang cukup penting. Oleh sebab ia bersifat seperti tabungan inilah saya lebih memilih asuransi dwiguna dibandingkan jenis asuransi yang lain.

Mengapa? Sebab, asuransi dwiguna ini bisa dikatakan ‘memaksa’ saya untuk menabung hingga kesepakatan waktu tertentu. Setelah kontrak waktu berakhir, saya akan mendapatkan manfaat asuransi jiwa. Namun, tatkala saya menderita penyakit parah dan membuat saya tak bisa bekerja lagi dalam masa kontrak, maka saya akan mendapatkan manfaat tabungannya.

Tabungan itu nantinya akan diurusi oleh pihak asuransi dan sampai batas waktu yang telah ditentukan, dana akan terus mengalir ke tabungan hingga batas waktu kontrak berakhir dan nantinya bisa dicairkan oleh ahli waris. Bisa dikatakan, dengan asuransi ini, saya mengamankan dana yang pasti sampai batas periode tertentu.

Meski mengamankan dana, asuransi ini sama sekali tidak menitikberatkan pada besaran imbal hasil sebagai bonus asuransi jiwa. Selain itu, asuransi dwiguna ini juga bisa dikatakan menggabungkan antara proteksi dan investasi namun imbal hasilnya stabil meskipun masih terpengaruh dengan inflasi.

Hanya saja, perlu kamu ketahui, tabungan dari asuransi endowment atau dwiguna ini tidak bisa kamu otak-atik. Kamu hanya bisa mengambilnya saat batas waktu kontrak berakhir. Namun tenang, dana yang akan kamu dapatkan adalah 100% sesuai dengan perjanjian dan bentuknya pun tunai.

Manfaat Asuransi Dwiguna

  1. Biaya Hidup Keluarga Ditanggung

Sama seperti halnya asuransi jiwa pada umumnya, asuransi dwiguna ini juga memberikan banyak manfaat untuk kamu. Meski fokus utama dari asuransi dwiguna ini adalah tabungan, namun kamu tetap mendapat cover asuransi jiwa pada umumnya. Ketika kamu meninggal dunia dalam jangka waktu kontrak, maka keluargamu akan dapat uang pertanggungan.

Dengan uang pertanggungan yang diberikan, keluargamu bisa memenuhi kebutuhan hidup sampai batas waktu tertentu. Kamu jadi tak memberatkan keluarga dan mereka bisa tetap hidup dengan layak menggunakan dana yang didapat dari asuransi jiwa dwiguna ini. Mau untuk bisnis atau untuk biaya sekolah, semua bisa.

  1. Jaminan Hari Tua

Kebanyakan asuransi dwiguna ini memiliki masa kontrak 20 sampai 30 tahun. Di akhir masa kontrak, kamu akan mendapatkan uang pertanggungan dalam bentuk tabungan yang bisa digunakan untuk jaminan hari tua. Yup! Bila kamu membeli asuransi ini pada usia 40 tahun, jelas asuransi ini akan bermanfaat untukmu di hari tua nanti.

Uang yang didapat dari hasil pembayaran premi dalam bentuk tabungan tunai ini bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa tua. Bisa juga digunakan untuk memulai bisnis setelah kamu pensiun dari tempat bekerja nanti. Saya saja yang membeli di awal usia 30 tahunan, juga berpikir menggunakannya untuk bisnis nanti.

  1. Investasi Masa Depan

Tentu saja, sudah dikatakan sejak awal bahwa seluruh asuransi jiwa memiliki tujuan untuk investasi masa depan. Mau itu jenis whole life, term life hingga endowment ini pun, sama. Kamu akan mendapatkan uang pertanggungan atau perlindungan atas diri dan ahli waris atas kejadian tak diinginkan yang bisa menimpamu kapan saja.

  1. Pikiran Lebih Tentram

Dengan memiliki asuransi jiwa, saya yang berstatus sebagai tulang punggung keluarga merasakan manfaatnya, salah satunya adalah pikiran lebih tentram. Saya bisa lebih fokus dengan pekerjaan dan berkarya ke depannya tanpa harus memikirkan bagaimana keluarga saya bila nanti saya tiba-tiba meninggal dunia.

Asuransi jiwa ini memberikan uang pertanggungan yang cukup besar dan bisa digunakan untuk melanjutkan hidup selama beberapa lama setelah saya meninggal dunia nanti. Setidaknya, keluarga saya bisa tetap hidup dengan normal dan layak.

  1. Tabungan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, asuransi dwiguna ini bisa menjadi tabungan untukmu ke depannya. Imbal tunai yang didapat dalam bentuk tabungan ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjangmu setelah masa kontraknya habis. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk apa saja.

  1. Perlindungan Aset

Asuransi jiwa juga bisa melindungi aset kamu tatkala kamu sudah tiada atau sampai batas waktu kontraknya berakhir. Saat kamu meninggal dunia atau mengalami hal yang tak diinginkan, kamu tak perlu menjual aset yang dimiliki saat ini. Sebab, asuransi jiwa akan meng-cover semua kebutuhan kamu dan keluarga dalam hal finansial.

Selain itu, bila kamu meninggal, uang pertanggungan yang didapat dari asuransi ini bisa digunakan untuk membayar biaya pajak saat proses pewarisan aset. Misalnya saja, pajak balik nama properti, biaya notaris dan masih banyak lagi. Hal ini tentu akan sangat membantu anggota keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi Sequis untuk Perlindungan Terbaik

Saya dulu sempat bingung saat mencari penyedia asuransi mana yang tepat untuk memenuhi kebutuhan saya. Di luar sana, ada banyak sekali penyedia jasa asuransi yang menawarkan produk terbaik. Namun, setelah saya cari tahu sana-sini, akhirnya pilihan saya jatuh pada asuransi Sequis.

Asuransi Sequis memiliki produk perlindungan asuransi jiwa dwiguna yang memberikan banyak sekali manfaat. Salah satu produknya adalah Dana Q. Asuransi ini sebenarnya berfokus untuk tabungan pendidikan anak yang dikombinasikan dengan perlindungan terhadap risiko kematian.

Selain itu, di Sequis ada juga asuransi dwiguna Q Protection. Asuransi ini bisa dikatakan sebagai gabungan antara asuransi kesehatan dan asuransi perlindungan risiko meninggal dunia. Ia memberikan perlindungan atas kamu dan keluarga atas penyakit kritis, kecelakaan dan kematian serta risiko sakit.

Namun, masih ada lagi produk asuransi jiwa dwiguna dari Sequis. Ia adalah Sequis Super Protector Insurance yang memberikan perlindungan terhadap peserta berupa uang pertanggungan dan tambahan pembayaran tunai kepada tertanggung dan ahli waris serta perlindungan meninggal dunia. Saya dan keluarga, akhirnya memilih asuransi ini.

Sebab, asuransi ini memiliki banyak keunggulan di antaranya ahli waris bisa mendapat 100% uang pertanggungan dan mendapat tambahan 5% dari uang pertanggungan sesuai dengan ketentuan yang ada di polis. Selain itu, ada juga manfaat hidupnya untuk si tertanggung berupa pembayaran minimal 80% dari uang pertanggungan.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk memiliki asuransi dwiguna untuk perlindungan terbaik terhadap risiko kematian namun juga bisa digunakan sebagai tabungan? Sequis bisa kamu ambil sebagai pilihan terbaik karena banyaknya produk yang diberikan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*