Aneka Jenis Kopi Khas Nusantara

Kopi merupakan minuman tinggi kafein dengan cita rasa pahit yang banyak digemari. Kopi saat ini juga memiliki rasa dan varian yang sangat beragam, menyesuaikan dengan selera yang berkembang di masyarakat.

Setiap daerah memiliki jenis kopi yang berbeda rasa dengan kopi lainnya. Sebab, hal ini dipengaruhi tanah dan ketinggian tempat penanamannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah aneka jenis kopi khas nusantara:

1. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu varian populer yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Kopi ini berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan.

Kopi jenis ini memiliki rasa khas yang unik. Dikutip dari coffeeland.co.id, kopi Toraja memiliki bentuk dan ukuran yang tidak teratur dengan warna cokelat tua. Kopi ini memiliki aroma yang sangat harum dan khas. Tingkat keasamannya pun cukup rendah sehingga menjadi favorit bagi orang yang memiliki masalah asam lambung.

2. Kopi Gayo Aceh

Kopi Gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan asal Aceh Tengah. Kopi Gayo Aceh cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas. Rasa Kopi Gayo Aceh ini unik, enak dan tidak terlalu pahit baunya pun harum, ini menjadikan Kopi Gayo Aceh kopi terbaik di Indonesia.

3. Kopi Kintamani Bali

Kopi ini disebut sebagai kopi kintamani dari Bali karena ditanam di kawasan Kintamani. Kawasan ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata populer, dengan keberadaan Danau Batur yang cantik dan suasana pegunungan sejuk.

Wilayah yang memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, menjadi ekosistem yang tepat untuk pengembangan kopi kintamani.

4. Kopi Papua Wamena

Dikutip dari specialtycoffee.co.id, kopi Papua telah dinikmati oleh penggemar kopi dari seluruh dunia. Terutama adalah di warung kopi dan kafe yang ada di Wamena, selain itu jenis kopi ini telah menjadi produk unggulan tersendiri dari masyarakat Papua. Kualitas dari jenis kopi ini adalah memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain.

5. Kopi Kothok

Kopi kothok disebut sebagai minuman khas dari Cepu, meski juga dapat ditemukan di bagian pulau Jawa lainnya. Dilansir dari bisnis.com, Kopi kothok merupakan sejenis kopi hitam yang dibuat dengan mencampurkan air, gula dan bubuk kopi. Perbandingan bubuk kopi dan gula umumnya adalah sebesar satu banding dua. Jika menghendaki kopi yang lebih pahit, maka perbandingannya menjadi satu banding satu.

M. RIZQI AKBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.