admin October 2, 2020

Vaksin merupakan zat antigenik yang bisa memberikan kekebalan aktif pada tubuh seorang manusia untuk mengurangi mencegah terjadinya infeksi sebab kuman atau bakteri jahat. Pemberian cairan ini dapat menyebabkan semakin menguatnya antibodi pemakainya. Tidak heran jika beberapa lembaga vaksin Bandung terus melakukan riset terbaru.

Tujuan Pemberian Vaksin di Bandung

Pembuatan vaksinasi tidak memiliki tujuan negatif. Dengan begitu tubuh akan bisa memberikan pembiasaan dan antibodi dari bakteri jahat yang masuk. Seusai pemberian zat antigenik ini pada tubuh seorang individu.

Pemberian vaksinasi memiliki tujuan agar imunitas tubuh anak-anak lebih kebal terhadap banyak ancaman. Terutama serangan bakteri jahat dan virus yang membawa berbagai macam penyakit menular. Apalagi yang mempunyai efek penyebaran rawan dan cepat meluas.

Proses pemberian vaksin ini memberikan harapan untuk dapat melakukan penyesuaian dengan tubuh dan lingkungan baru serta dapat melindunginya. Terutama agar bisa menghindari kecacatan secara permanen serta membantu pertumbuhan anak secara optimal.

Macam-macam Vaksin di Bandung

Vaksin memiliki banyak macam, tergantung bahan-bahannya dan kegunaanya masing-masing. Untuk dapat menghasilkan output yang berkualitas, perlu beberapa kali percobaan. Oleh sebab itu, pembuatannya memerlukan waktu cukup lama dan berikut macam-macamnya:

1. Live Attenuated Vaccine

Vaksin ini mengandung mikroorganisme hidup, baik bakteri ataupun virus. Tetapi, sifat ganasnya telah menghilang dari tubuh mikroorganisme tersebut. Jenis ini juga mampu memberikan respon dari sistem imun jangka panjang. Misalkan vaksin polio, rubella, mumps, TBC, cacar air dan lainnya.

Karena jangka waktunya yang cukup panjang, menjadikan vaksin ini sering tenaga kesehatan gunakan untuk mengimunisasi para balita dan anak kecil. Agar dapat terhindarkan dari penyakit menular dan berbahaya serta dapat berujung pada kematian.

2. Inactivated Vaccine (Killed Vaccine)

Ini merupakan vaksin yang berasal dari suatu mikroorganisme yang telah melalui proses pematian menggunakan zat kimia atau dengan cara pemanasan. Salah satu contohnya adalah vaksin untuk rabies, polio, influenza, kolera, demam tifoid dan lain sebagainya.

Setelah melalui proses pematian tadi, mikroorganisme jahat tersebut tidak akan dapat berkembang biak kembali. Inilah yang akan menjadi bahan dasar untuk pembuatan vaksin untuk penanganan virus atau bakteri itu sendiri.

3. Toxoid

Toxoid ini berasal dari suatu senyawa beracun atau yang lebih orang kenal dengan nama toksik. Telah mengalami proses penonaktifan agar tidak dapat menyebabkan dan menularkan penyakit. Biasanya terbuat dari racun kuman dengan sifat imunogenik.

Hasil dari toxoid yang sudah jadi memiliki nama natural fluid plain toxoid yang memiliki fungsi untuk membantu rangsangan pembentukan sistem imun dalam bentuk antitoxin. Masa efektifnya hanya sekitar satu tahun saja. Misalkan untuk penyakit difteri dan juga tetanus.

4. Subunit Vaccine

Vaksin ini memiliki bahan dasar suatu bagian khusus dari suatu virus ataupun bakteri, melalui cara cloning pada gen virus dan pengkombinasian ulang DNA. Beberapa penyakit menular yang dapat orang cegah dengan antibody ini adalah hepatitis B, HPV, Hemofilus influenza tipe B dan lain-lain.

Antibody ini ada karena suatu proses pembentukan dari gen virus dan DNA. Hal ini menghasilkan vaksin yang berkualitas dan tentunya berbeda dari jenis-jenis sebelumnya. Dengan begitu, antivirus ini akan semakin menekan angka penularan penyakit secara massal.

5. Conjugate Vaccine

Vaksin conjugate merupakan hasil gabungan dari polisakarida pada lapisan terluar sebuah virus dengan protein lain. Hal ini bertujuan untuk menambah kekuatan imunogenitas dari bahan utama tersebut. Contohnya adalah untuk pencegahan haemophilus influenza dengan tipe B.

Pembuatan yang berasal dari penggabungan bahan khusus dari bagian tubuh virus, menjadikannya semakin kuat dan ampuh dalam meningkatkan sistem imun manusia. Terutama dalam melawan virus hidup atau bakteri jahat di lingkungan sekitarnya.

Demikian penjelasan mengenai vaksin Bandungdengan beraneka ragamnya. Selain di Indonesia, kawasan di seluruh dunia membutuhkan vaksinasi untuk melindungi warganya dari serangan virus dan bakteri jahat. Adapun untuk tambahan informasi seputar vaksin bisa kunjungi halodoc di laman website ataupun di aplikasi playstore kesayangan anda.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*