admin August 18, 2018

Ikon simbol Mesir kuno ini sering disebut sebagai keajaiban kedelapan dalam dunia kuno. Sphinx Agung Giza menjadi objek yang semua orang ingin mengunjunginya. Ada 8 fakta menarik dari Sphinx ini. Berikut hal yang harus Anda tahu.

  1. Diukir dari Satu Potongan Batu

Monumen kuno ini berukuran panjang 73 meter atau setara 240 kali dan tinggi 20 meter atau setara 66 kaki. Sphinx ini menjadi sphinx terbesar dalam dini kuno hingga saat ini. Monumen ini diukir dari batu kapur.

  1. Dikuburkan di Dalam Pasir

Karena kegigihan seorang insinyur asal Perancis Emil Baraize, seluruh tubuh sphinx baru muncul setelah ribuan tahun. Itu artinya tubuh sphinx dikubur di dalam pasir. Pada tahun 1936 akhirnya tubuh sphinx terungkap setelah satu dekade Baraize membersihkan pasir di sekitar struktur kuno ini.

  1. Tidak Ada Prasasti untuk Siapa Dibuat

Tidak ada satu pun prasasti yang menyatakan orang yang bertanggungjawab terhadap konstruksi ini. Selain itu, tidak ada alasan sphinx dibuat. Pada ahli sejarah Mesir meyakini Firaun Khafre bertanggungjawab atas perkembangan sphinx.

  1. Membicarakan Thutmose IV

Dalam bahasa kuno disebutkan bahwa Firaun sebelumnya Thutmose IV menetap tidur di bawah kepala sphinx, yang menurut cerita yang dikubur hingga leher sphinx. Saat terbangun ia menggali dan menemukan struktur megah yang bisa kita nikmati hingga hari ini.

  1. Adanya Sphinx Kedua

Para ahli meyakini bahwa masih banyak bangunan yang terkubur di dalam pasir. Bahkan mungkin saja ada sphinx kedua yang akan ditemukan. Keyakinan ini didorong oleh adanya fakta hampir semua penggambaran sphinx dalam karya seni kuno selalu berpasangan.

  1. Telah Ada Sejak Pertama Kali

Salah satu baris dalam Dream Stele menyatakan, “Saya telah berada di sini sejak pertama kali.” Menurut tulisan Mesir kuno, ini saat para dewa tinggal dan berjalan berdampingan dengan populasi manusia. Hal ini membuat sphinx 12.500 tahun lebih tua dari perkataan sejarawan arus utama.

  1. Anubis

Beberapa ahli mengatakan kalau wajah sphinx lebih mirip dengan singa yang sesuai dengan zodiak Leo. Namun sikap dan posisi duduk tidak mewakili singa. Bagian belakang sphinx lebih mirip seekor anjing yang sedang duduk. Fakta bahwa Anubis atau dewa anjing juga dianggap sebagai penjaga nekropolis.

  1. Kemungkinan Ada Ruang Bawah

Banyak para ahli menduga kalau di bawah sphinx terdapat ruang bawah tanah yang sengaja dibuat secara artificial. Mereka sudah mengajukan untuk menggali terowongan dari piramida ke sphinx namun masih dibatalkan. Bahkan semua permintaan selalu ditolak.

Sphinx Agung Giza menjadi objek yang sangat istimewa. Bahkan semua orang pasti ingin melihat secara langsung sphinx yang megah. Anda pun juga bisa melihatnya secara langsung dengan insighttour.id/. Temukan paket perjalanan ke Mesir dengan mudah.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*