admin May 22, 2019

Saat bayi sudah mencapai usia 6 bulan adalah masanya untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut dengan MPASI. Tujuan dari pemberian MPASI ini untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si bayi dan juga memperkenalkan rasa serta tekstur makanan. Pada tahap awal, biasanya pemberian MPASI berupa jenis makanan dengan tekstur lembut seperti sayur dan buah yang dihaluskan, bubur tim dan lainnya. Ada banyak jenis makanan bayi instan yang sudah tersedia di toko atau supermarket, namun anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Salah satu jenis MPASI yang cukup diminati adalah bubur tim. Berikut ini ada beberapa jenis resep nasi tim  yang bisa dicoba di rumah.

1.       Nasi Tim Kaldu Sapi Yang Gurih

Pada bayi, penggunaan bumbu penyedap dalam jumlah banyak tidaklah dianjurkan bahkan jika bisa dihindari. Untuk memberikan cita rasa yang enak pada bubur tim, bisa dengan cara menggunakan kaldu sapi. Cara atau resep membuat nasi tim kaldu sapi yang gurih tidaklah sulit, cukup didihkan kaldu kemudian campurkan dengan beras yang sudah dicuci serta beberapa jenis sayur seperti wortel, kentang, brokoli, bawang Bombay dan kol. Masak hingga tekstur nasi dan sayuran menjadi lembut.

2.       Nasi Tim Hati Ayam Yang Kaya Protein

Untuk memenuhi kebutuhan protein pada tubuh bayi, dapat dilakukan dengan mengatur menu MPASI si kecil. Caranya yaitu dengan menyertakan bahan makanan yang banyak mengandung kadar protein seperti contohnya hati ayam. Tekstur hati ayam yang dapat menjadi lembut ketika dimasak, sangat cocok dicampurkan bersama bubur nasi dan sayuran. Tambahkan sedikit mentega unsalted atau beri tambahan bawang bombay sebagai penambah cita rasa pada nasi tim hati ayam yang dibuat.

3.       Nasi Tim Telur Jagung

Jika si kecil bosan dengan menu MPASI berupa daging, maka bisa diganti dengan jenis makanan sumber protein lainnya seperti telur. Variasikan juga jenis sayuran yang digunakan untuk membuat nasi tim, bisa dengan menggunakan jagung, waluh atau kentang. Jika tekstur nasi tim yang sudah dimasak menjadi bubur tidak cukup halus atau masih kasar, bisa terlebih dahulu diblender agar teksturnya menjadi lebih lembut dan mudah dicerna bayi. Pastikan juga, nasi tim sudah dalam keadaan dingin, agar bayi tetap bisa makan dengan aman dan nyaman.

4.       Nasi Tim Udang Wortel Yang Enak

Untuk membuat resep nasi tim yang satu ini, ibu hendaknya terlebih dahulu memastikan bahwa si kecil tidak ada riwayat alergi terhadap seafood atau udang. Proses pembuatan nasi tim udang wortel ini sangat mudah, cukup sediakan udang yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya lalu cincang halus, masak bersama beras, potongan wortel, daun salam, kaldu dan juga air secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan tekstur nasi tim jadi lembut. Untuk bayi di atas 8 bulan atau yang sudah mulai tumbuh gigi, bisa menyantap jenis MPASI yang satu ini meski teksturnya agak sedikit kasar.

5.       Nasi Tim Beras Merah Kaldu Ayam

Tidak hanya jenis sayuran dan lauk pauk saja yang dapat divariasikan dalam membuat nasi tim untuk bayi, melainkan dari jenis berasnya pun juga bisa. Tidak harus beras putih, memakai beras merah juga bagus untuk memenuhi kebuutuhan nutrisi si kecil. Kandungan beras merah yang kaya serat, sangat baik untuk pencernaan bayi. Kombinasikan bubur tim beras merah dengan kaldu serta beberapa jenis sayur seperti waluh atau jagung pipil agar rasanya semakin nikmat.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*