admin December 5, 2019

Dunia fotografi yang dulunya hanya digeluti oleh sebagian orang, seiring berkembangnya teknologi, membuat peminatnya semakin banyak. Kini, justru sudah menjadi trend bahkan kebutuhan. Ya, bagi para pelaku bisnis atau usaha, relatif membutuhkan kamera atau paling tidak pasti berhubungan dengan fotografi demi kebutuhan promosi produk dan pemasaran. Tidak heran jika kini banyak bermunculan jenis kamera canggih seperti misalnya kamera mirrorless Sony Alpha  yang banyak menyediakan beragam fitur namun dengan desain dan bantuk yang lebih fleksibel dibandingkan kamera DSLR.

Khusus bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang kamera mirrorless, bisa simak beberapa ulasan di bawah ini.

1.      Perbedaan Kamera Mirrorless

Ada perbedaan mendasar yang terdapat pada kamera mirrorless dengan jenis kamera lainnya, salah satu diantaranya ialah pada kamera mirrorless tidak memiliki cermin di bagian dalam kamera, hal ini mengakibatkan cahaya langsung mengenai sensor tanpa dipantulkan. Ini pula yang menjadikan kamera mirrorless lebih mudah fokus. Perbedaan lainnya yaitu adanya viewfinder, dimana dengan adanya fitur ini pengguna kamera mirrorless  dapat melihat tangkapan objek pada lensa yang mana inipula yang akan menjadi hasil akhir foto. Kelebihan kamera mirrorless bentuk kameranya yang kecil sangat memudahkan dibawa kemanapun serta untuk mengambil objek secara diam-diam.

2.      Ingat Selalu Kapasita Baterai

Dibalik kelebihan yang dimiliki kamera mirrorless, pastinya ada kekurangannya juga. Yang sering harus diperhatikan pengguna kamera ini adalah kapasitas baterai. Ya, faktor ukuran kamera yang kecil juga turut mempengaruhi ukuran baterai. Hal ini menjadikan daya tahan baterai kamera mirrorless tidak sekuat baterai DSLR. Banyaknya fitur yang ada juga turut berdampak pada cepat habisnya baterai, untuk itu saat menggunakan kamera mirrorless, selalu perhatikan kapasitas baterai, jangan sampai kehabisan dan membuat kamera mati total.

3.      Pakai Hand Strap Biar Tetap Aman

Mau menggunakan jenis kamera mirrorless apapun, baik Sony Alpha atau merk lainnya, pastikan untuk menggunakan hand strap sebagai pengamanan. Kamu tentu tidak ingin saat sedang mengambil objek, tiba-tiba kamera jatuh? Adanya hand strap akan memudahkan pengguna membawa kamera dengan lebih praktis dan mudah, karena hanya perlu menggantungkannya di leher, tangan jadi bisa beraktivitas lain dan tidak capek.

4.      Sabar Dalam Memotret Objek

Kelemahan lainnya yang perlu diketahui yang ada pada kamera mirrorless pada umumnya ialah proses pengambilan gambar dan hasil foto yang lebih lambat dibandingkan dengan DSLR. Pada penangkapan objek bergerak juga lebih sulit, untuk itulah pengguna kamera mirrorless dituntut lebih sabar saat melakukan aktivitas fotografi. Mulai dari memilih angle, objek, timing hingga menunggu hasil foto.

5.      Upgrade Ilmu Dan Skill

Untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus, seorang fotografer professionalpun dituntut untuk selalu belajar, apalagi untuk kamu yang masih pemula. Lakukan latihan terus menerus sambil banyak belajar dari berbagai sumber, bisa dari buku, internet, gabung komunitas hingga mengambil kelas fotografi khusus. Meningkatkan ilmu dan skill, tidak hanya berlaku untuk pengguna kamera mirrorless sejenis Sony Alpha saja, tetapi juga jenis kamera lainnya. Ada baiknya jika punya waktu khusus untuk latihan dan lakukan secara rutin, misalnya setiap sore selama 2-3 kali seminggu. Bisa juga belajar bersama teman yang memiliki ketertarikan sama terhadap dunia fotografi agar aktivitas latihan terasa lebih menyenangkan.

Itu tadi beberapa hal menarik dan penting yang kiranya perlu kamu ketahui tentang kamera mirrorless. Semoga bermanfaat.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*